Indonesia Today: Foxconn Mempertimbangkan Untuk Mendirikan Pabrik di Vietnam

IDR/USD = ↑ 14.402,5             +111          (+0,78%)          (Source : Bloomberg)

JCI : IND     ↓ 6.133,12            -19,74        (-0,32%)           (Source : Bloomberg)

 

181206 CEPA Siap Diinisiasi_Kerja Sama Internasional.

  • Pemerintah Indonesia berencana menambah tiga pakta kerja sama ekonomi komprehensif atau comprehensive economic partnership agreement (CEPA) dengan tiga mitra baru pada 2019.
  • Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Iman Pambagyo mengatakan ketiga calon mitra itu adalah Korea Selatan (Korsel), Rusia, dan Peru. Khusus dengan Korsel, Indonesia akan mengatifkan kembali pakta Indonesia-Korsel CEPA (IK-CEPA) yang tertahan sejak 2013.
  • Proses penjajakan awal reaktivasi IK-CEPA akan dilakukan dalam waktu dekat, sehingga tahap negosiasi diharapkan dapat dimulai tahun depan. Perwakilan Kedutaan Besar Korsel untuk Indonesia pun telah dijadwalkan bertemu pekan depan.
  • Adapun, dengan Rusia, CEPA tersebut berpotensi diperluas dengan negara Uni Eurasia lainnya yakni Belarusia dan Kazakhstan. Pasalnya, saat ini Rusia terikat dengan kesepakatan perdagangan barang bebas dengan blok Uni Eurasia. Hal ini menguntungkan Indonesia karena negara mitra dan pangsa pasar menjadi lebih luas.
  • Dengan Peru, proses penjajakan yang mendalam terus dilakukan karena negara itu meminta kerja sama langsung dilakukan secara menyeluruh.
  • Ketua Komite Tetap Ekspor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Handito Joewono mengatakan dengan Korsel, Indonesia bisa memanfaatkan untuk menarik investasi di sektor industri perangkat keras, seperti permesinan, ponsel, dan persenjataan. Sementara dengan Rusia, bisa memanfaatkan majunya sektor keamanan siber mereka.
  • Handito meminta pemerintah memasukkan ketentuan yang jelas mengenai  kesepakatan transfer ilmu di sektor teknologi dengan Korsel dan Rusia.
  • Ekonom Universitas Indonesia Fithra Faisal mengatakan Peru akan menjadi mitra strategis untuk mengakses pasar Amerika Latin. Negara itu dapat menjadi hub untuk ekspor dan investasi di tetangga Peru seperti Brasil dan Argentina.
  • Rusia akan menjadi poros perdagangan internasional dan ekonomi baru yang sangat potensial. Rusia memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang sangat tinggi. CEPA dengan Rusia juga akan mempermudah Indonesia meningkatkan ekspor minyak kelapa sawit ke Benua Biru.
  • Namun Fithra mengingatkan Indonesia harus hati-hati ketika menjalin dengan ketiga negara tersebut, terutama dengan Peru dan Rusia. Karena keduanya cukup rawan diguncang ekonomi.
  • Peru sangat mungkin tertular dan terdampak oleh Argentina yang perekonomiannya sangat fluktuatif. Sementara, dengan Rusia, harus hati-hati karena negara tersebut masih sering menjadi sasaran tembak embargo dari negara-negara Barat.

(Bisnis Indonesia, Yustinus Andri)

 

Domestik:

  • Tak lama lagi, Anda bisa melaju kencang di jalan tol Trans Jawa. Jika tak ada aral melintang, jalan tol ini akan resmi membentang dari Merak sampai Surabaya. Presiden Joko Widodo akan meresmikannya. Pemeritah saat ini tengah menghitung besaran tarif jalan tol ini. Sembari berhitung tarif, sampai akhir tahun ini jalan tol sepanjang -/+ 1.000 kilometer, pemerintah akan menggratiskan kendaraan yang melaju di jalan tol ini. Jika berpatokan dengan tarif  yang berlaku saat ini, tarif untuk kendaraan golongan I tol Trans Jawa sebesar Rp 1.000 per km, golongan II Rp 1.500 per km dan golongan III-IV sebesar Rp 2.000 per km. Ini artinya, dengan panjang -/+ 1.000  tarif jalan tol ini mulai Rp 1 juta hingga Rp 2 juta sekali jalan. Tapi, jika menjumlahkan tarif di masingmasing ruas tol, tarif jalan tol Jakarta-Surabaya Rp 723.500.

  • Penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018, khususnya belanja negara diklaim lebih optimal, menjadi salah satu alasan pemerintah untuk tidak mengajukan perubahan APBN. Tahun ini pun menjadi tahun pertama bagi pemerintah tak mengajukan perubahan postur anggaran tersebut. Menilik data Kementerian Keuangan (Kemkeu), realisasi belanja negara APBN 2018 hingga akhir Oktober mencapai Rp 1.720,85 triliun atau 77,5% dari pagu APBN. Capaian ini memang lebih baik dibanding tahun 2016 dan 2017 yang masing-masing hanya 69,9% dan 72,1% dari target. Padahal, target di dua tahun tersebut lebih rendah dibanding target belanja negara tahun ini.
  • Joko Widodo minta para menterinya untuk memperhatikan perencanaan dan pelaksanaan anggaran kementerian atau lembaga (K/L) 2019. Sebab, rata-rata selama 10 tahun, anggaran yang tidak terserap cukup besar. Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut, penyerapan belanja pegawai rata-rata selama 10 tahun terakhir mencapai 95,6% dari total pagu.
  • Pengusaha masih pesimistis melihat kondisi ekonomi tahun depan. Sejumlah indikator makro yang ditargetkan pemerintah pada tahun mendatang pun diperkirakan sulit mencapai target. Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan akan berkisar 5,2%, tak jauh berbeda dengan tahun ini. Angka itu lebih rendah dari target dalam APBN 2019 sebesar 5,3%.

Bisnis & Investasi:

  • Persaingan antar layanan pembayaran berbasis quick response code (QR Code) akan semakin sengit. Raksasa platform sistem pembayaran asal China WeChat dan Alipay ternyata sudah masuk ke pasar dalam negeri secara legal. Baik WeChat maupun Alipay sudah menggandeng pemain lokal sebagai satu syarat bisa berbisnis di dalam negeri. Kabar terbaru datang dari anak usaha switching Alto yaitu Alto Halodigital International (Ahdi) yang sudah menggandeng Alipay. Pada pekan lalu, Ahdi sudah bisa menyelenggarakan sistem pembayaran dengan Alipay di sebanyak 24 merchant yang ada di Bali.

  • Saham-saham pertambangan membukukan kinerja terburuk dalam sebulan terakhir. Indeks sektor tambang tercatat turun 5,67% sebulan terakhir hingga 5 Desember 2018. Padahal, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 3,59%. Beberapa saham yang turun tajam merupakan penghuni indeks LQ45. Seperti, Adaro Energy (ADRO) dan Indo Tambangraya Megah (ITMG).
  • PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) berencana menggelar penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu atau PMTHMETD. Istilah lainnya  private placement. BJBR akan meminta izin ke pemegang saham lewat rapat umum pemegang saham luar biasa pada 11 Desember 2018. Aksi ini merupakan langkah BJBR memperkuat permodalan untuk ekspansi penyaluran kredit. Nantinya jumlah saham baru seri A yang diterbitkan sebanyak 360,10 juta saham dengan nilai nominal Rp 250, setara 3,71% dari modal yang disetor.
  • PT Indosat Tbk (ISAT) masih harus bekerja keras untuk dapat bersaing dengan operator penyedia jasa seluler lainnya. Sebab jaringan 4G milik Indosat masih ketinggalan dibandingkan milik operator lainnya. Karena alasan tersebut, Direktur Utama ISAT Chris Kanter mengaku akan bekerja keras memperluas jaringan 4G di tahun depan. Perusahaan ini telah menganggarkan belanja modal alias capital expenditure (capex) sebesar Rp 10,6 triliun untuk tahun depan.
  • PT Gunawan Dianjaya Steel Tbk (GDST) belum akan lepas dari kerugian di tahun ini. Namun, produsen plat baja ini menargetkan bisa menekan nilai kerugian. Sebagai gambaran, per kuartal III-2018, GDST membukukan kenaikan penjualan bersih 6,38% secara tahunan menjadi Rp 987,62 miliar. Perusahaan ini mencatat rugi periode berjalan senilai Rp 59,21 miliar. Padahal, periode yang sama tahun lalu, masih untung Rp 3,16 miliar.
  • PT Bakrie & Brothers TBK (BNBR) melanjutkan aksi bersih-bersih utang di tahun depan. Ini adalah kelanjutan agenda tahun 2016. Direktur Utama BNBR Bobby Gafur Umar mengatakan, restrukturisasi utang tahun depan masih mengandalkan penukaran utang kreditur menjadi saham. Dua tahun ini, BNBR sudah menggelar restrukturisasi utang senilai total Rp 11,41 triliun.
  • Peran emas sebagai safe haven biasanya berkebalikan dengan laju dollar Amerika Serikat (AS). Sejak akhir tahun lalu hingga Rabu (5/12), nilai tukar dollar AS terhadap rupiah menguat 6,26% year to date (ytd) menjadi Rp 14.303. Sementara harga emas di pasar New York Mercantile (NYMEX) turun 7,19% ytd menjadi US$ 1.241,40 ons troi. Namun perlu diingat, wujud investasi emas meliputi emas di pasar future atau spot dan emas batangan. Harga emas batangan besutan PT Aneka Tambang Tbk alias Antam justru terungkit 9,80% ytd menjadi Rp 651.000 per gram. Jika ditarik mundur hingga waktu empat tahun ke belakang, harga emas batangan mendaki lebih dari 35%.

  • PT XL Axiata Tbk terus mengembangkan layanan fixed broadband atau fiber broadband melalui XL Home. Demi memperkaya variasi layanan hiburan, mereka menggandeng Netflix. Sejalan dengan itu, XL Home menargetkan pemasangan 500.000 homepass atau internet rumah pada tahun 2019. XL Axiata menyadari, persaingan bisnis sangat ketat. Makanya, mereka menerapkan strategi ekspansi.

 

Internasional:

  • Inflasi tahunan Filipina tumbuh melambat ke level terendah dalam empat bulan terakhir pada November 2018. Kondisi ini akan mengurangi tekanan bank sentral untuk melanjutkan kenaikan suku bunga. Beberapa analisis bahkan memprediksi penurunan suku bunga di Filipina dapat terjadi tahun depan apabila tekanan infl asi terus mereda.
  • Ekonomi Australia tumbuh melambat pada kuartal III 2018 karena konsumen negara ini menahan diri untuk berbelanja. Laporan Produk Domestik Bruto (PDB) menunjukkan ekonomi Australia meningkat 0,3% pada kuartal III-2018, setengah dari perkiraan ekonom. Kondisi ini menekan nilai tukar mata uang dollar Australia (AUD) seiring keengganan investor memegang mata uang ini. Pertumbuhan ekonomi Australia yang melambat ini juga dipengaruhi oleh potensi pelemahan ekonomi Amerika Serikat akibat perang tarif impor dengan China. Perang dagang ini turut memengaruhi ekonomi Australia. Maklum, China adalah pasar ekspor tunggal Australia yang paling menguntungkan.
  • Para eksekutif Uni Eropa (UE) mengusulkan proposal anggaran untuk melawan peredaran berita palsu di internet. Eropa ingin membangun sistem deteksi dini untuk mengingatkan pemerintah dan mendorong perusahaan-perusahaan teknologi untuk berbuat lebih banyak dalam menghentikan informasi yang salah sebelum pemilihan umum UE pada pekan depan. Rencana Komisi Eropa ini harus disetujui oleh para pemimpin Eropa. Ini sebagai bagian dari upaya menghentikan apa yang disebut oleh Amerika Serikat (AS) serta NATO sebagai upaya Rusia untuk melemahkan demokrasi Barat dengan menebar berita bohong serta perpecahan. Meskipun Rusia telah berulang kali membantah melakukan tindakan semacam itu.
  • Pasca gencatan senjata dengan Amerika Serikat (AS) pada akhir pekan lalu, China mulai menunjukkan komitmennya. Kementerian Perdagangan China mengatakan, Beijing akan mulai menerapkan item tertentu dengan cepat setelah ada konsensus dengan AS. China juga akan mendorong negosiasi perdagangan dalam 90 hari mendatang dengan AS seperti jadwal dan peta jalan yang telah disepakati. Para pejabat China mulai mempersiapkan memulai kembali impor kedelai dan gas alam cair AS. Langkah ini menandai langkah pertama dari klaim Presiden As Donald Trump dan Gedung Putih bahwa China telah setuju untuk mulai membeli beberapa produk AS.
  • Tambah lagi negara yang menolak kehadiran produk Huawei Technologies. Kali ini Inggris yang ikut menolak kehadiran peralatan buatan Huawei 4. Seperti diberitakan Reuters Rabu (5/12), perusahaan telekomunikasi Inggris, BT Group Plc menghapus peralatan Huawei dari jaringan inti 4G dalam dua tahun ini. Langkah BT ini akan membawa bisnis telepon selulernya sejalan dengan kebijakan internal untuk tidak menggunakan peralatan yang diproduksi perusahaan China itu. Namun, BT masih menggunakan peralatan Huawei yang masih dianggap infrastruktur seperti tiang.
  • Foxconn, produsen komponen elektronik terbesar di dunia sekaligus pemasok Apple Inc, mempertimbangkan untuk mendirikan pabrik di Vietnam. Langkah ini untuk mengurangi dampak perang dagang yang sedang berlangsung antar Amerika Serikat (AS) dan China. Jika terlaksana, itu merupakan salah satu langkah signifikan pertama bagi perusahaan besar di China dalam upaya mengamankan pasar dari imbas negatif ketegangan perdagangan antara China dan AS.
  • Para pemegang saham Takeda Pharmaceutical menyetujui rencana perusahaan itu untuk mengambil alih produsen farmasi Shire yang tercatat di bursa London senilai US$ 59 miliar. Akuisisi ini membuat Takeda menjadi perusahaan global dengan lini bisnis obat yang lebih kuat. Takeda akan masuk ke dalam peringkat 10 produsen obat dunia terbesar sekaligus memiliki obat untuk penyakit langka berkat kesepakatan ini. Akuisisi sebesar itu merupakan akuisisi luar negeri terbesar yang dilakukan oleh perusahaan Jepang. Pembelian saham Shire berasal dari penerbitan saham baru dan juga pinjaman bank dengan nilai jumbo senilai US$ 30,9 miliar. Tingkat utang Takeda yang tinggi menjadi perhatian utama pemegang saham.
  • Tanda-tanda perdamaian antara Amerika Serikat dan China membuat banyak perusahaan bikin agenda terbaru. Misalnya, China International United Petroleum & Chemicals Co Ltd (Unipec), dan Petroleum and Chemical Corporation (Sinopec) yang merupakan pedagang minyak asal negeri Tiongkok. Seperti diberitakan Reuters, kedua perusahaan ini sedang berusaha mengimpor minyak dari AS sebelum Maret tahun depan. Karena di Maret tahun depan itu menandakan batas akhir negosiasi selama 90 hari yang disepakati oleh pemimpin AS dan China.

(Sumber: Kontan 18/12/06)

Disclaimer: Rangkuman ini diambil untuk tujuan non-profit berita selengkapnya dapat dibaca di sumber terkait.

LEAVE A REPLY