Indonesia Today: Harga BBM Mulai Naik

IDR/USD = ↓ 15.200            -37,5            (-0,25%)               (Source : Bloomberg)

JCI : IND     ↑ 5.820,67        +23,88         (+0,41%)              (Source : Bloomberg)

 

181011_Maju Mundur Harga Premium_Bahan Bakar Minyak.

  • Pemerintah batal menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) Premium di Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) menjadi Rp7.000 dan di luar Jamali menjadi Rp6.900, yang rencananya diberlakukan mulai Rabu (10/10).
  • Pembatalan disebabkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno tak mengetahui adanya rencana kenaikan Premium menjadi Rp7.000. Rini meminta menunda kenaikan harga premium menunggu kesiapan PT Pertamina (Persero).
  • Menteri BUMN belum melakukan koordinasi dengan Pertamina. Mereka menyampaikan tidak siap untuk kenaikan dua kali. Pertamina baru saja mengumumkan kenaikan untuk Pertaseries. Hal ini diungkapkan oleh Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno, Rabu (10/10).
  • Dia menjelaskan bahwa Perpres No.43/2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak mengatur mekanisme kenaikan harga premium.
  • Fajar menyebut akan dilakukan rapat koordinasi dalam waktu dekat. Tiga kriteria yang akan menjadi pertimbangan, yakni kondisi keuangan negara, kemampuan daya beli masyarakat, serta kondisi riil ekonomi.
  • Vice President Corporate Communication PT Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan, Pertamina membutuhkan persiapan dan pembahasan bersama pemegang saham. Yang akan dikaji mengenai harga dan waktu kenaikan. Pertamina juga belum mengajukan penyesuaian harga premium ke pemerintah.
  • Staf Khusus Presiden Ahmad Erani Yustika mengatakan Presiden menghendaki adanya kecermatan di dalam mengambil keputusan, termasuk menyerap aspirasi publik. Presiden juga meminta analisis kondisi fiskal secara keseluruhan untuk menjaga kesehatan fiskal, serta menjaga daya beli masyarakat dari setiap kebijakan yang diambil.
  • Dirjen Anggaran Kemenkeu Askolani menegaskan kenaikan harga premium tidak akan berdampak kepada APBN karena jenis BBM tersebut tidak disubsidi. Kebijakan ini justru akan mengurangi beban keuangan Pertamina.
  • Ekonom Indef, Bhima Yudhistira menyebut penaikan harga premium akan berdampak langsung pada inflasi Oktober sekaligus menggerus daya beli masyarakat.
  • Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Haryadi B. Sukamdani menilai pemerintah harus lebih tegas soal keputusan harga BBM, jika memang sudah menggangu kesehatan APBN.
  • Sejak 2014 saat mulai memerintah, Presiden Joko Widodo bertekad untuk mereformasi kebijakan sektor energi dengan mencabut subsidi BBM. Belakangan, kebijakan tersebut dikaji ulang seiring dengan tren penguatan harga minyak dunia dan melemahnya daya beli masyarakat.

(Bisnis Indonesia, Hadijah Alaydrus & M. Nurhadi Pratomo)

 

Domestik:

  • Selain perang dagang, banyak negara di emerging market kini dilanda ketidakpastian baru. Ini menyusul kebijakan bank sentral Amerika Serikat (The Fed)  yang tak akan memberikan arah yang terang mengenai kebijakan-kebijakannya. President and Chief Executive Officer Federal Reserve Bank of New York John Williams menyatakan, dengan kebijakan moneter ke arah normal, The Fed tak akan dapat memberikan banyak petunjuk tentang apa yang akan terjadi ke depan. William dalam acara Joint Bank Indonesia-Federal Reserve Bank of New York Central Banking Forum, di Nusa Dua Bali, Rabu (10/10), mengatakan, saat suku bunga sangat rendah, tingkat bunga akan mengarah ke atas ke tingkat normal. Namun, “Di masa depan, takj akan lagi jelas apakah suku bunga perlu naik atau turun, dan panduan ke depan yang jelas tentang jalur kebijakan masa depan tidak akan lagi sesuai,” katanya kemarin.
  • Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemkeu) bakal mengasuransikan aset negara mulai tahun depan sebagai antisipasi bencana alam. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, selama ini aset negara dibuat tanpa jaminan risiko fiskal. Jika rusak, jadi beban bagi APBN. “Makanya perlu partisipasi dari masyarakat agar aset negara bisa diasuransikan,” kata Wapres. Pemerintah akan mengidentifikasi semua risiko bencana alam dan memikirkan mekanisme fiskal serta instrumen keuangan terbaik untuk mendukung rehabilitasi yang paling efektif dan paling cepat.

Bisnis & Investasi:

  • Di tengah fokus perhatian publik tertuju pada pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia di Bali, kemarin, pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax series. Harga seri BBM non-subsidi itu naik mulai Rp 900 hingga Rp 1.350 per liter (lihat infografik). Pemerintah mengklaim, kebijakan menaikkan harga BBM merupakan imbas dari memanasnya harga minyak mentah di pasar global. Harga minyak mentah sempat menembus US$ 85 per barel.

  • Tak ingin menyianyiakan kesempatan, pemerintah menggunakan Annual Meeting International Monetery Fund-World Bank (AM IMF-WB) 2018 untuk membentangkan aneka proyek bagi para investor. Dari 70 proyek infrastruktur akan dijajakan pemerintah, para investor sudah menjatuhkan pilihan pada 21 proyek yang digawangi 12 perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Nilainya US$ 13,6 miliar atau Rp 206,72 triliun.

  • PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (10/10), dengan kode GOOD. Melalui penawaran perdana saham alias initial public offering (IPO), produsen Kacang Garuda ini melepas 762,84 juta saham atau setara 10,34% modal disetor. Harga pelaksanaan IPO sebesar Rp 1.284 per saham. Namun, tak semua saham dilepas ke publik. Dari jumlah itu, 727,84 juta saham dialokasikan khusus untuk eksekusi mandatory convertible bond (MCB) milik Pelican.
  • Pendapatan semen PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) meningkat 12% menjadi Rp 2,92 triliun pada periode Juli-September 2018. Kontribusi terbesar datang dari volume penjualan sebanyak 3 juta ton, yang berasal dari kebutuhan sektor perumahan dan infrastruktur.
  • PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) merealisasikan pengembangan bisnis infrastruktur logistik pertambangan batubara di Kalimantan Timur. Melalui anak usahanya, PT Gunung Bara Utama, perusahaan ini baru saja meraih kontrak kerjasama penggunaan infrastruktur tambang dari PT Citra Dayak Indah (CDI).
  • PT Jaya Bersama Indo Tbk (DUCK) optimistis kinerja bertumbuh setelah go public. Sebab, melalui penawaran saham kepada publik alias inital public offering (IPO), pemilik jaringan resto The Duck King ini meraih dana segar untuk ekspansi. Kemarin, saham DUCK resmi tercatat di BEI. Perusahaan ini melepas 513,33 juta saham atau setara 40% dari modal disetor. Harga pelaksanaan IPO sebesar Rp 505 per saham. Penawaran saham perdana kelebihan permintaan pooling hingga 80 kali.
  • Banyaknya kegiatan nasional di kuartal III-2018 diprediksikan mengerek kinerja PT Mitra Adiperkasa Tbk tahun ini. Namun, pelemahan rupiah yang terjadi sepanjang tahun ini bisa menghambat kenaikan laba bersih emiten ritel yang memiliki kode saham MAPI ini. Seperti diketahui, pada periode Juli-September 2018, Indonesia dimeriahkan sejumlah agenda nasional. Mulai Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI), Jakarta Great Sale hingga penyelenggaran Asian Games 2018.
  • PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk, kemarin, mendapatkan restu rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) untuk menerbitkan saham baru atau rights issue. Kalau tak meleset, aksi korporasi tersebut akan berlangsung pada kuartal keempat tahun ini. Intikeramik akan menerbitkan sekitar 3,86 miliar unit saham dengan nominal Rp 50 per saham. Dengan harga penawaran Rp 120 per saham, Intikeramik membidik dana sekitar Rp 463,89 miliar dari  perhelatan rights issue.

  • Aksi menambah gerai baru masih menjadi agenda bisnis PT MAP Boga Adiperkasa Tbk. Adapun ekspansi gerai kedai kopi Starbucks menjadi yang terbanyak hingga kuartal ketiga tahun ini. Selama Januari hingga September, MAP Boga telah menambah 49 gerai baru. “Dari jumlah itu, kami sudah buka gerai Starbucks 43 gerai,” ujar Fetty Kwartati, Direktur PT MAP Boga Adiperkasa Tbk kepada KONTAN, Senin (8/10). Sementara enam gerai baru lain terbagi atas tiga merek. Perinciannya, empat gerai Krispy Kreme, satu gerai Pizza Express dan satu gerai Cold Stone.
  • PT Indika Energy Tbk berencana merambah bisnis bahan bakar. Perusahaan pertambangan batubara tersebut akan membangun satu terminal penyimpanan produk bahan bakar di Kariangau, Kalimantan Timur melalui anak usaha bernama PT Kariangau Gapura Terminal Energi. Jadwal pembangunan terminal bahan bakar mulai awal 2019. Sementara target penyelesaian pembangunannya pada semester II 2019.
  • Bisnis co working space atau kantor bersama memang lagi moncer. Ini terlihat dari pertumbuhan jumlah kantor bersama serta semaraknya injeksi modal dari para investor ke pemain co-working space. GoWork, sebagai contoh. Perusahaan gabungan antara GoWork dan ReWork ini baru saja mendapat injeksi modal sebesar S$ 13,8 juta atau setara Rp 150 miliar dari Gobi Partners dan PT Indonesia Paradise Property.
  • Dalam seminggu terakhir ini, kabar santer soal keberhasilan Grab meraup pendanaan segar US$ 500 juta dari Softbank terus mengemuka. Ini terkait dengan rencana Grab yang menargetkan bisa menjaring dana hingga US$ 1 miliar sampai akhir tahun ini. Jika benar, injeksi dana tersebut bakal menggenapi suntikan dana sebelumnya sebesar US$ 2 miliar yang didapat dari Grup Toyota dan Microsoft. Dana tersebut diperlukan Grab untuk membuat aplikasi komplit tidak cuma di layanan transportasi online tapi juga yang lainnya, terutama di sistem pembayaran digital.
  • Kinerja ekspor produk mutiara hasil budidaya semakin berkilau. Selain permintaan di pasar global meningkat, penguatan kurs dollar Amerika Serikat (AS) turut mendongkrak nilai ekspor mutiara. Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor mutiara melonjak 181,24% menjadi US$ 22,76 juta periode Januari-Agustus 2018 dibandingkan periode sama 2017. Sebagian besar mutiara ini di ekspor ke Hong Kong dan Jepang. Kemudian Australia, Uni Eropa dan AS.

Internasional:

  • Ada kabar terbaru dari perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. Tandatanda perdamaian kedua negara mulai terlihat. Seperti diberitakan Reuters, seorang pejabat kementerian Keuangan China mengatakan pada hari Rabu (10/10) merasakan ada sedikit kemajuan. Ia merasa optimistis akan ada upaya dari kedua negara memecah kebuntuan dari negosiasi kedua negara.
  • Lonjakan ekonomi musim panas di Inggris ternyata lebih kuat dari perkiraan para analis. Ini karena cuaca panas mendorong belanja konsumen, meskipun ekonomi sepanjang bulan Agustus yang lemah mengisyaratkan pertumbuhan lebih lambat menjelang Brexit tahun depan. Kantor Statistik Nasional (ONS) melaporkan, ekonomi Inggris tumbuh 0,7% selama tiga bulan hingga Agustus 2018. Angka ini mengalahkan konsensus dalam jajak pendapat ekonom Reuters untuk pertumbuhan 0,6%.
  • Wakil Perdana Menteri Italia Matteo Salvini ingin menggenjot partisipasi warga negeri piza membantu pendanaan pemerintah lewat surat utang negara. Caranya melalui keringanan pajak. Skema keringanan pajak tersebut bisa mencapai € 15 miliar (US $ 17 miliar) dengan berinvetsasi dalam obligasi tresuri Seperti dilansir Reuters, Rabu (10/10), Salvini menyebutkan keringanan pajak bagi warga Italia yang membeli surat utang pemerintah ini sebagai salah satu kontrak politik di antara partai koalisi yang berkuasa dengan warga Italia.
  • Tuduhan terhadap China yang menyabotase perangkat keras bagi industri telekomunikasi Amerika Serikat (AS) terus bergulir. Meski Apple dan Amazon membantah, muncul sejumlah bukti baru yang menguatkan tuduhan tersebut. Seperti dilaporkan Bloomberg, Rabu (10/10), produksi telekomunikasi ternama AS telah menemukan perangkat keras yang dimanipulasi oleh Super Micro Computer Inc. dalam jaringannya pada Agustus lalu. Temuan ini menjadi bukti baru atas gangguan pihak China dengan sasaran tembak AS lewat komponen teknologi.
  • Nasib sial kembali menghinggapi Tesla Setelah sang bos, Elon Musk harus mundur dari posisi chairman, perusahaan mobil listrik itu digugat pemerintah negara bagian Nevada. Mengutip The Verge kemarin, gugatan tersebut karena Tesla tak membayar tunggakan pajak pengangguran sebesar US$ 655.000 atau sekitar Rp 9,9 miliar, kurs Rp 15.200 per dollar Amerika Serikat (AS). Tesla berutang pada Employment Security Division negara bagian Nevada. Pada kuartal I dan kuartal II-2018, Tesla tak bisa membayar gaji pegawai yang harus dikenakan pajak.
  • Huawei Technologies Co Ltd meluncurkan produk cip kecerdasan buatan yang akan menguatkan server sekaligus meningkatkan bisnis pengelolaan data. Mengutip  Reuters, Rabu (10/10), langkah Huawei adalah yang pertama kalinya dengan memproduksi ciip buatannya sendiri, sekaligus mendukung ambisi China mengembangkan pasar semikonduktor di tengah persaingan sengit dengan Amerika Serikat (AS).
  • Alphabet Inc’s, perusahaan konglomerat bentukan Google baru saja mengeluarkan ponsel pintar Google Pixel Seri 3. Smartphone Google Pixel Seri 3 ini dilego pada harga kisara n US$ 799 atau Rp 12,14 juta. Sedangkan untuk smartphone Google Pixel versi besar yakni Google Pixel 3 XL dijual pada harga US$ 899 atau Rp 13,51 juta.
  • Raksasa internet China Tencent Holdings Ltd terdepak dari daftar sepuluh teratas perusahaan terbesar dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. Tencent turun dari posisi ke-10 ke posisi ke-11 dengan kapitalisasi pasar sebesar US$ 356,96 miliar. Posisi Tencent digantikan oleh Exxon Mobil Corp dengan kapitalisasi pasar senilai US$ 366,27 miliar. Bloomberg menulis, nilai pasar Tencent terpangkas lebih dari US$ 200 miliar di tahun ini seiring harga saham yang jatuh hampir 40% di bursa Hong Kong sejak awal tahun ini. Harga saham Tencent yang telah naik 67.000% dari awal penawaran umum perdana hingga Januari 2018.

(Sumber: Kontan 18/10/11)

Disclaimer: Rangkuman ini diambil untuk tujuan non-profit berita selengkapnya dapat dibaca di sumber terkait.

LEAVE A REPLY