Indonesia Today: IBM Corporation Berencana Mengakuisisi Perusahaan Software Red Hat

Domestik:

  • Hampir dua bulan berjalan, pemerintah mengklaim pelaksanaan kewajiban pencampuran 20% bahan bakar nabati (BBN) ke bahan bakar diesel atau B20 membuahkan hasil. Saat ini, hanya sekitar 8% badan usaha yang belum menjalankan kebijakan penggunaan B20. Ketua Umum Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) Master Parulian Tumanggor mengatakan, berdasarkan hasil monitoring realisasi B20 hingga akhir pekan lalu telah mencapai 92%. Ia optimistis, dalam dua hari ke depan, implementasi B20 akan 100%.
  • Pemerintah belum memastikan akan menarik utang di akhir tahun ini untuk memenuhi kebutuhan awal tahun depan alias prefunding. Kendati begitu, saat prefunding masih menjadi opsi yang bisa diambil pemerintah sebagaimana dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (PPR) Kementerian Keuangan (Kemkeu) Loto Srinaita Ginting belum menyebut opsi prefunding akhir tahun ini dilakukan dalam bentuk penerbitan global bond atau private placement.
  • Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengajak semua pemangku kepentingan bidang kelautan untuk mengambil langkah nyata untuk meningkatkan sinergi. Sebab, Indonesia adalah negara bahari dengan wilayah lautan yang lebih luas ketimbang daratan. Presiden menyebut laut adalah masa depan semua bangsa. Ajakan Presiden ini disampaikan dalam forum Our Ocean Conference (OCC) di Nusa Dua Bali Senin (29/10). Presiden menyebut lautan memiliki peranan sangat besar dalam mendukung distribusi ekonomi.
  • Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) PT Freeport Indonesia (PTFI) bak anak kos-kosan. Saban bulan, perusahaan ini harus memperpanjang izin usahanya. Pun dengan bulan November mendatang, PTFI kembali harus memperpanjang IUPK Sementara. Berakhir tanggal 31 Oktober 2018, izin sementara ini harus diperpanjang selama satu bulan ke depan. Hanya kata Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono menyebut, hingga saat ini, dirinya belum mendapatkan pengajuan perpanjangan dari PTFI.

Bisnis & Investasi:

  • Rupiah boleh saja anjlok dan pasar saham ajrutajrutan. Toh, kinerja emiten saham dengan kapitalisasi pasar besar, bahasa kerennya big caps, tetap perkasa dan tahan banting. Menilik laporan keuangan sejumlah emiten big caps yang sudah dirilis, rata-rata emiten big caps masih mencetak pertumbuhan kinerja, baik dari sisi pendapatan maupun laba bersih. Ambil contoh, kinerja keuangan PT Astra International Tbk (ASII). Emiten saham ini mencetak pendapatan Rp 174,88 triliun, naik sekitar 16,41% dibandingkan dengan pendapatan di periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara laba bersih mencapai Rp 17,07 triliun, naik sekitar 21,14% dari periode sama tahun 2017.

  • Dunia penerbangan di Tanah Air kembali berkabung, menyusul jatuhnya pesawat Lion Air JT 610, kemarin. Lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Pangkalpinang, pukul 06:20 WIB, pesawat yang mengangkut 189 orang ini hilang kontak pukul 06:33 WIB. Pesawat Boeing 737 MAX 8 ini ditemukan jatuh di perairan utara Karawang, Jawa Barat. Kecelakaan pesawat komersial bukan kali ini terjadi. Sejumlah maskapai penerbangan pernah mengalami peristiwa nahas dalam beberapa tahun terakhir.

  • Kinerja PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) selama sembilan bulan di tahun ini belum solid. Per September, laba bersih turun 20% year on year (yoy) menjadi Rp 14,23 trilliun. Padahal, pendapatan naik 2,26% menjadi Rp 99,203 triliun. Penurunan laba terutama disebabkan kenaikan beban operasional yang mencapai Rp 33,432 trilliun. Tahun lalu, pengeluaran pada pos itu hanya Rp 27 trilliun. Kenaikan beban operasional paling besar terjadi pada pos operasi dan pemeliharaan, mencapai Rp 17,49 trilliun.
  • PT Yelooo Integra Datanet Tbk (YELO) akan menggeber ekspansi setelah resmi melantai di Bursa Efek Indonesia, Senin (29/10). Dari penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO), perusahaan pemilik modem Passpod ini meraih dana segar Rp 48 miliar. YELO melepas 130 juta saham atau 34,21% dari modal disetor. Harga IPO dipatok sebesar Rp 375 per saham. Pada perdagangan perdana, kemarin, harga sahamnya melesat 48,94% menjadi Rp 560.
  • Harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) masih dalam tren turun. Harga komoditas ini bahkan menyentuh level terendahnya pada akhir pekan lalu. Jumat (26/10), harga CPO kontrak pengiriman Januari 2019 di Malaysia Derivative Exchange berada di RM 2.148 per metrik ton, yang merupakan level terendahnya sejak Januari 2017 lalu. Untungnya, awal pekan ini, harga CPO rebound setelah menguat 1,96% menjadi RM 2,190 per metrik ton. Tapi para analis masih melihat harga minyak sawit mentah ini ada dalam tren bearish.
  • PT Jasa Marga Tbk (JSMR) akan mengebut membangun jalan tol. Emiten plat merah ini menargetkan bisa menambah panjang jalan tol yang beroperasi nyaris 1.000 kilometer (km), tepatnya 984 km, di akhir tahun 2018. Manajemen Jasa Marga memperkirakan konstruksi proyek jalan tol yang tergabung dalam Jaringan Jalan Tol Trans Jawa rampung pada November tahun ini dan siap beroperasi pada akhir 2018.

  • PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) mencatatkan pendapatan senilai Rp 16,83 triliun hingga akhir September 2018. Pencapaian itu tumbuh 25% dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp 13,43 triliun. Adapun laba bersihnya tumbuh 27% year-on-year menjadi Rp 1,30 triliun. Direktur Utama AKRA, Haryanto Adikoesoemo menyebutkan, di tengah kondisi ekonomi saat ini, AKRA masih bisa mencatatkan kinerja positif.
  • Produsen furnitur kayu PT Integra Indocabinet Tbk (WOOD) merasa kokoh di tengah kecamuk perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok. Sebab, produk furnitur emiten ini berpeluang menggantikan produk China yang semula mengisi pasar negeri Paman Sam. Hingga kini, pasar AS memang menyumbangkan porsi cukup besar, yakni mencapai 49% dari total pendapatan WOOD. Meski didorong oleh efek perang dagang, Integra Indocabinet enggan mengubah target bisnisnya. Yang pasti, manajemen WOOD meyakini bisa memperoleh pertumbuhan bisnis yang sudah dipatok, yakni sebesar 15% hingga tutup tahun ini.
  • Peluang bisnis air minum dalam kemasan (AMDK) milik PT Tirta Investama terus mengalir. Perusahaan yang mengusung merek dagang Danone AQUA ini baru saja memperkenalkan produk kemasan botol minuman yang 100% berbahan polietilena tereplate atau recycled polyethylene terepthalate (rPET) atau PET daur ulang. Danone AQUA menggelar perkenalan awal atau soft launching itu di sela-sela acara Our Ocean Conference (OOC) yang berlangsung di Nusa Dua, Bali.
  • PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) terus memperkuat jaringan bisnisnya. Selain mempertahankan dominasinya di pasar domestik, pemilik gerai Alfamart ini memperkuat jaringan ke Asia Tenggara. Kini, Sumber Alfaria terus mengembangkan jaringan ritel di Filipina. Kabar terbaru, AMRT melalui anak usahanya Alfamart Retail Asia Pte Ltd bersama perusahaan asal Filipinan, SM Retail Inc, membentuk anak usaha bernama DC Properties Management Corp (DCPM). Kongsi ini untuk memperluas pangsa pasar Alfamart di Filipina. Alfamart Retail menggenggam 40% kepemilikan saham di DCPM.

 

Internasional:

  • Penjualan ritel Jepang naik 2,2% untuk 11 bulan berturut-turut pada September 2018. Namun laju kenaikan melambat dari bulan sebelumnya. Ini menandakan konsumsi swasta belum cukup kuat menghindari perlambatan yang lebih luas pada ekonomi Jepang. Namun kenaikan penjualan ritel itu melewati estimasi analis yang memprediksi pertumbuhan sebesar 1,6%. Namun dibanding Agustus 2018 yang tumbuh 2,7%, pertumbuhan penjualan ritel di September melambat.
  • Sebuah roket kargo buatan China yang dikembangkan oleh pihak swasta gagal mencapai orbit setelah lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan pada hari Sabtu. Ini menjadi pukulan bagi upaya swasta negara itu untuk menyaingi SpaceX milik Elon Musk. Roket tiga-tahap, Zhuque-1 dikembangkan oleh Landspace, perusahaan yang berbasis di Beijing. Perusahaan mengatakan lewat posting di mikroblog bahwa pesawat ruang angkasanya gagal mencapai orbit akibat muncul masalah di tahap ketiga.
  • Jair Bolsonaro merebut suara terbanyak dalam pemilihan presiden (pilpres) Brasil yang berlangsung Minggu (28/10). Pria berusia 63 tahun itu meraup 56% suara dari 94% suara terhitung. Pemimpin partai berorientasi kanan ini memenangkan pemilihan atas Fernando Haddad dari Partai Buruh yang menggenggam 44% suara.
  • Perjanjian perdagangan antara Amerika Serikat (AS), Meksiko dan Kanada membuat Perusahaan mobil asal Italia, Fiat Chrysler Automobiles (FCA) sumringah. FCA pun membatalkan rencana penutupan pabrik truk di Meksiko. Awalnya, perusahaan ini cukup tertekan dengan kebijakan Presiden AS Donald Trump mengenakan bea masuk hingga 25% untuk produk otomotif yang dibuat di Meksiko. Maklumlah, Fiat memasok truk yang dibuatnya di Meksiko ke pasar AS.
  • IBM Corporation mengumumkan rencana mengakuisisi perusahaan software Red Hat Inc dengan nilai US$ 34 miliar. Nilai akuisisi itu termasuk pengambilalihan utang Red Hat. Lewat akuisisi ini, perusahaan teknologi komputer asal Amerika Serikat ini berniat mendiversifikasi bisnis ke produk yang menawarkan margin lebih tinggi sekaligus masuk ke bidang jasa. Asal tahu saja, selama ini, IBM menggarap pasar hardware dan bisnis konsultasi teknologi.

(Sumber: Kontan 18/10/30)

Disclaimer: Rangkuman ini diambil untuk tujuan non-profit berita selengkapnya dapat dibaca di sumber terkait.

LEAVE A REPLY