Indonesia Today: Impor Bawang Putih Siap Ditambah 125.000 Ton Stabilisasi Harga Pangan

IDR/USD = ↑ 14.435                      +12            (+0,08%)              (Source : Bloomberg)

JCI : IND     ↓ 6.135,4                     -73,72        (-1,19%)               (Source : Bloomberg)

 

190514_Impor Bawang Putih Siap Ditambah 125.000 Ton_Stabilisasi Harga Pangan.

  • Kementerian Perdagangan segera menerbitkan izin impor baru untuk 11 importir bawang putih demi mengamankan pasokan dan harga pangan saat Ramadan dan Lebaran 2019.
  • Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Karyanto Suprih mengatakan, saat ini otoritasnya sedang memproses surat persetujuan impor (SPI) untuk 11 importir bawang putih. Volume bawang putih yang akan diimpor mencapai 125.000 ton. Negara impor paling banyak masih dari China.
  • Diharapkan bawang putih akan masuk ke Indonesia paling lambat pekan ketiga atau keempat sebelum Lebaran 2019.
  • Tambahan volume impor bawang putih ini diharapkan dapat menekan harga komoditas itu di pasaran. Saat ini, harga bawang putih diklaim terus mengalami penurunan setelah Kemendag menerbitkan izin impor kepada delapan importir pada bulan lalu dengan total volume 115.000 ton.
  • Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kemenko Perekonomian Musdalifah Mahmud mengatakan, saat ini harga bawang putih di pasar terus mengalami penurunan pascaditerbitkannya izin impor untuk delapan importer dan masifnya operasi pasar yang dilakukan pemerintah.
  • Dia mengajak kementerian dan lembaga terkait untuk memastikan distribusi bawang putih dilakukan secara merata. Pasalnya, salah satu kendala yang masih menghantui dalam proses stabilisasi harga bawang putih saat ini adalah distribusi dari importir hingga ke penjual eceran di berbagai pelosok.
  • Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi memastikan bahwa importir yang mendapat RIPH telah menjalankan wajib tanam 5% dari impor yang diajukan.
  • Ketua Asosiasi Hortikultura Nasional Anton Muslim Arbi mengatakan, pemerintah harus memastikan bawang putih yang dijual ke konsumen tidak lebih dari harga wajar saat Ramadan dan Lebaran yang berkisar Rp25.000/kg-Rp30.000/kg.
  • Sementara itu, ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri mengatakan, saat ini pekerjaan rumah pemerintah ada pada pemerataan distribusi bawang putih ke pasar tradisional.

 

(Bisnis Indonesia, Yustinus Andri)

LEAVE A REPLY