Indonesia Today: Kasus Huawei & Kelanjutan Negosiasi Hubungan Dagang AS-CHINA

IDR/USD = ↑ 14.094                +22,5           (+0,16%)              (Source : Bloomberg)

JCI : IND     ↓ 6.436,48            -22,23          (-0,34%)               (Source : Bloomberg)

 

190130_Kasus Huawei & Kelanjutan Negosiasi_Hubungan Dagang AS-CHINA.

  • Di tengah penantian pelaku pasar terhadap hasil lanjutan negosiasi dagang antara Amerika Serikat dan China di Washington pada pekan ini, muncul pemberitaan bahwa kejaksaan AS mengajukan tuntutan pidana terhadap Huawei Technologies Co. Hal itu pun meningkatkan kembali tensi dagang kedua negara adidaya tersebut.
  • AS mempidanakan perusahaan teknologi terbesar China, Huawei Technologies Co., dengan tuduhan pencurian rahasia dagang Amerika, penipuan bank, serta melanggar sanksi karena melakukan bisnis dengan Iran. Sementara itu, proses hukum bagi CEO Huawei Meng Wanzhou terus berlanjut di Kanada.
  • Selain AS, pemerintah di sejumlah negara juga tengah mengkaji kegiatan bisnis dengan Huawei seperti Kanada, Polandia, Jepang, Australia, dan Selandia Baru. Di sisi lain negara-negara Eropa Tengah dilanda ketidakpastian dalam menghadapi risiko pelarangan produk Huawei di sejumlah wilayah. Hal itu diperkirakan dapat mengganggu proses pembangunan jaringan 5G.
  • Pengacara Meng Wanzhou, Reid Weingarten, juga mengatakan bahwa kliennya tidak pantas dijadikan sandera perang dagang AS-China.
  • Kementerian Luar Negeri China mendesak AS agar membatalkan surat perintah penangkapan Meng Wanzhou dan mengakhiri penindasan yang tidak masuk akal terhadap perusahaan-perusahaan China.
  • Sementara itu, di tengah kelanjutan kasus Huawei, pemerintah AS tetap akan melanjutkan negosiasi perdagangan dengan otoritas China di Washington pada 30-31 Januari 2019. Agenda pertemuan itu adalah membahas tuntutan untuk perubahan struktural pada ekonomi China dan menagih janji mereka untuk membeli lebih banyak produk Amerika.
  • Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross menegaskan bahwa tuntutan pemerintah terhadap pelanggaran yang dilakukan Huawei berada di luar ranah perang dagang.
  • Menteri Keuangan AS Steve Munchin sebelumnya menyampaikan bahwa salah satu isu utama yang akan dibahas dalam negosiasi perdagangan adalah penegakan komitmen dari janji yang disepakati China dan isu tentang kekayaan intelektual dan transfer teknologi.

(Bisnis Indonesia, Nirmala Aninda)

LEAVE A REPLY