Indonesia Today: Kebut RCEP, Siasati Ketidakpastian Laporan Dari Thailand

IDR/USD = ↑ 14.140                 +15               +0,11%                 (Source : Bloomberg)

JCI : IND     ↑ 6.320,45             +31,98           +0,51%                 (Source : Bloomberg)

 

190626_Kebut RCEP, Siasati Ketidakpastian_Laporan Dari Thailand.

  • Eskalasi tensi perang dagang antara Amerika Serikat dan China mau tak mau mendesak banyak negara untuk mulai mencari format perdagangan alternatif.
  • Tekanan dan sanksi-sanksi demi mempertahankan supremasi ekonomi telah mengikis stabilitas perdagangan global. Unilateralisme yang seringkali ditandai aksi-aksi sepihak kerap membuat situasi menjadi penuh ketidakpastian.
  • Blok negara-negara di kawasan Asia Tenggara pun menemukan harapan pada pakta Regional Comprehensive Economic Partnertship (RCEP). RCEP mengintegrasikan seluruh perjanjian perdagangan bebas Asean dengan enam negara mitranya, yakni India, China, Korea Selatan, Jepang, Australia, dan selandia baru, ke dalam satu wadah tunggal FTA.
  • Sepuluh pemimpin Asean sepakat menyelesaikan perundingan November tahun ini. Setiap anggota berkomitmen memaksimalkan fleksibilitas masing-masing dalam negosiasi. Kepentingan mereka sama; menyiasati ketidakpastian.
  • Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa perang dagang bisa merembet ke wilayah lain dan berdampak pada stabilitas keamanan dan kesejahteraan kawasan. “Kerja sama dengan mitra Asean menjadi lebih penting, demikian pula komitmen untuk menyelesaikan negosiasi RCEP pada tahun ini di tengah situasi dunia seperti saat ini,” katanya dalam 34th Asean Summit Plenary.
  • “Dalam hal ini, kami tegaskan kembali komitmen kuat kami untuk meyelesaikan negosiasi RCEP dalam tahun ini untuk menggairahkan kembali perdagangan dunia dan memelihara kredibilitas dan sentralitas Asean,” kata Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha.
  • Para menteri ekonomi Asean mengemukakan pandangan untuk mencapai target penyelesaian perundingan integrasi FTA. Seluruh negosiator yang datang pada perundingan RCEP di Melbourne, Australia, 25 Juni hingga 3 Juli, datang dengan mandat penuh sehingga negosiasi putaran ke-26 itu menghasilkan kesimpulan yang lebih maju.
  • Para menteri juga menugaskan Troika, tiga serangkai yang terdiri atas Indonesia sebagai coordinator, Thailand sebagai ketua Asean 2019, dan Sekjen Asean untuk menjembatani komunikasi dengan India.
  • Indonesia akan mencari kesempatan untuk bertemu India pada KTT G20 di Osaka Jepang, pada 28-29 Juni. Bila perlu Troika akan terbang ke New Delhi.
  • Ketua RCEP Trade Negotiating Committee (TNC) Iman Pambagyo yang terbang dari Bangkok ke Melbourne seusai pertemuan menteri ekonomi yang membahas RCEP, Sabtu (22/6) malam, mengatakan putaran ke-26 menargetkan pendalaman perundingan akses pasar secara bilateral.
  • Bila negosiasi selesai secara substansial sesuai target, khususnya menyangkut akses pasar, Mendag Enggartiasto memperkirakan perjanjian akan diteken tahun depan setelah draf dirapikan dan disinkronkan sesuai kaidah dokumen hukum.

 

(Bisnis Indonesia, Sri Mas Sari)

LEAVE A REPLY