Indonesia Today: Pemerintah Tunggu Momentum Paket Kebijakan Ekonomi.

The original text of the summary of Indonesian media is written in Bahasa Indonesia.

IDR/USD = ↓ 13.358                  -4               (-0,03%)           (Source : Bloomberg)

JCI : IND      ↑  5.893,841           +1,892       (+0,03%)          (Source : Bloomberg)

 

170821_Pemerintah Tunggu Momentum_Paket Kebijakan Ekonomi.

  • Pemerintah memutuskan untuk menunda peluncuran paket kebijakan ekonomi jilid XVI karena menunggu momentum yang tepat. Namun menurut Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution paket kebijakan tersebut tetap akan dirilis dalam waktu dekat.
  • Menurut Darmin terkait substansi paket tersebut nantinya mencakup deregulasi untuk memudahkan investasi. Pemerintah akan meluncurkan program besar untuk mempercepat pelaksanaan investasi. Semua persoalan perizinan di pusat maupun di daerah bisa diselesaikan dengan satu model.
  • Petumbuhan sektor investasi akan menjadi jawaban atas daya dukung sektor konsumsi yang relatif lemah. Darmin menargetkan agar investasi tumbuh di atas 5,8%.
  • Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Pandjaitan mengatakan Presiden Jokowi meminta seluruh kementerian terkait untuk mempermudah dan mempercepat proses pembangunan proyek yang sudah ada, mencakup listrik, jalan tol, hingga pelabuhan. Efisiensi diharapkan bisa diterapkan pada seluruh proyek tersebut.

(Bisnis Indonesia, Dewi A. Zuhriyah)

 

170821_Kondisi Global Membayangi_Kebijakan Suku Bunga BI.

  • Bank Indonesia telah memberikan sinyal untuk melakukan pelonggaran atau quantitative easing, sejumlah ekonom percaya bank sentral tidak akan menyentuh kebijakan suku bunga acuannya untuk saat ini.
  • Sebanyak 11 dari 12 ekonom yang disurvey Bisnis meyakini BI 7 Day Repo Rate (7-DRR) tidak akan berubah. Sementara itu, suku bunga deposito dan pinjaman masing-masing tetap pada 4% dan 5,5%.
  • Menurut Menko Perekonomian Darmin Nasution, sentimen moneter dari global, terutama kebijakan The Fed, perlu menjadi pertimbangan dalam menentukan suku bunga acuan tersebut.
  • Sementara itu sinyal BI akan mempertimbangkan pelonggaran suku bunga telah dilontarkan oleh Gubernur BI Agus D.W. Martowardojo pada awal bulan ini. Jika laju inflasi tetap terjaga dan defisit transaksi berjalan terkendali, tidak tertutup kemungkinan BI akan melakukan pelonggaran.
  • Namun wacana tersebut akan dibawa kedalam Rapat Dewan Gubernur BI pada 21-22 Agustus 2017.

(Bisnis Indonesia, Hadijah Alaydrus, Dewi A. Zuhriyah)

LEAVE A REPLY