Indonesia Today: Prefektur Aichi Buka Perwakilan Investasi Jepang

The original text of the summary of Indonesian media is written in Bahasa Indonesia.

IDR/USD = ↓ 13.351                      -11            (-0,08%)            (Source : Bloomberg)

JCI : IND     ↓  5.861,004               -32,837      (-0,56%)            (Source : Bloomberg)

 

170822_Menanti Jawaban The Fed dan ECB_Teka-Teki Laju Inflasi.

  • Menguatnya laju pertumbuhan ekonomi global, dan pasar tenaga kerja di AS dan Eropa yang terus mengalami penguatan, sehingga tingkat pengangguran terus menurun di kedua kawasan tersebut. Hal ini membuat laju pertumbuhan upah pekerja akan terdongkrak sehingga diharapkan dapat memacu pertumbuhan belanja masyarakat dan inflasi nasional.
  • Namun laju inflasi di kedua kawasan tersebut masih di bawah target 2%. Hal ini menyebabkan proses pengetatan moneter berpeluang ditunda.
  • Para analis melihat, bank sentral Eropa (ECB) akan lebih banyak menunggu kebijakan moneter yang diambil The Fed terlebih dahulu, sebelum mereka mengeksekusi langkahnya.
  • ECB pun diprediksi mulai memberikan indikasi awal terkait pengurangan stimulus moneter berupa pembelian obligasi pada tahun ini, sebelum akhirnya mengeksekusi pada tahun depan.
  • Skema lain juga mengemuka, yakni ECB diperkirakan mengurangi pembelian dengan jumlah tertentu dan kemudian melakukan penilaian setiap tiga bulan sekali.

(Bloomberg/Reuters)

(Bisnis Indonesia, Yustinus Andri DP)

 

170822_Prefektur Aichi Buka Perwakilan_Investasi Jepang.

  • Menteri Airlangga Hartarto seusai menerima Gubernur Prefektur Aichi (Perwakilan Pemerintah Daerah Aichi) Hideaki Ohmura, menyebutkan investasi dari Jepang terutama dari Aichi diharapkan dapat meningkat setelah mendirikan kantor perwakilan.
  • Aichi adalah kawasan industri otomotif terkenal di Jepang seperti Toyota dan Denso. Mereka berniat membuka kantor perwakilan di Indonesia untuk meningkatkan kerja sama di berbagai sektor.
  • Kementerian Perindustrian mencatat, pada 2016, penanaman modal asing secara keseluruhan tercatat mencapai US$16,68 miliar. Dalam kurun waktu 6 tahun terakhir, total investasi Jepang di Indonesia mencapai US$19,7 miliar. Jumlah perusahaan Jepang di Indonesia hinggga saat ini sudah mencapai lebih dari 1.750, dengan kegiatan usaha di bidang manufaktutr, infrastruktur, dan jasa.

(Bisnis Indonesia, Regi Yanuar W.D.)

LEAVE A REPLY