Indonesia Today: Sejumlah Bank Besar Menaikkan Suku Bunga Kredit Tahun Depan

Domestik:

  • Jika Anda debitur atau punya utang di bank, bersiaplah merogoh kocek lebih dalam. Sebab, sejumlah bank besar sudah kompak menaikkan suku bunga kredit pada tahun depan.  Kenaikan kredit ini seiring dengan transmisi posisi bunga acuan Bank Indonesia (BI) 7DRR rate yang naik 175 basis poin (bps) dari awal tahun menjadi 6%. Deputi Komisioner Pengawas Perbankan II Otoritas Jasa Keuangan  (OJK) Boedi Armanto memproyeksikan, tahun depan bunga kredit naik mengikuti bunga acuan. Potensi kenaikan bunga kredit ini tak banyak pengaruh ke permintaan kredit maupun rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL). Syaratnya, pertumbuhan ekonomi masih di atas 5%.

  • Pemerintah terus menggodok berbagai jenis insentif perpajakan untuk menarik investasi di dalam negeri. Salah satu insentif pajak yang bakal diberikan, yakni super deduction tax khusus, ditargetkan berlaku efektif pada akhir 2018. Super deduction tax merupakan kebijakan pengurangan pajak hingga 100% lebih, bagi sektor industri tertentu yang berkaitan dengan Revolusi Industri 4.0.
  • Bank Indonesia (BI) memperkirakan ekonomi Indonesia tahun depan masih menghadapi sejumlah tantangan, terutama dari gejolak ekonomi global. Karena itu, BI berupaya menyiapkan ramuan kebijakan khusus agar makroekonomi stabil. BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi global melambat. Selai itu, negara-negara maju juga mengambil kebijakan moneter ketat. Misalnya perkiraan bank sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve (The Fed) masih menaikkan bunga acuan tahun depan. Lalu European Central Bank (ECB) juga melakukan normalisasi kebijakan moneter mulai pertengahan 2019.
  • Pemerintah kembali memberi insentif bagi pengusaha. Terbaru, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) memberi kemudahan perizinan bagi pengusaha kawasan berikat, maupun pengusaha yang ada di kawasan berikat (PDKB). Kebijakan rebranding kawasan berikat ini diharapkan mampu mendongkrak ekspor. Kemudahan perizinan tertuang di Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor PER-19/BC/2018 tentang Tata Laksana Kawasan Berikat yang berlaku mulai 26 November 2018. Beleid ini merupakan turunan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 131/PMK.04/2018 tentang Kawasan Berikat yang diundangkan 26 September 2018.
  • Pemerintah memutuskan mengubah sistem penyerapan beras dan gabah oleh Perum Bulog untuk Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Rencananya mulai 1 Januari 2019, Perum Bulog dapat menyerap beras dan gabah dengan harga pasar untuk CBP. Dengan kebijakan ini, targetbta CBP tahun depan bisa menyerap 1,5 juta dari petani. Deputi Menko Perekonomian Bidang Pangan dan Agribisnis Musdalifah Mahmud mengatakan, selama ini, Bulog acap khawatir menggenjot penyerapan beras dalam negeri karena harga yang sudah tinggi. Jika Bulog menjual ke pasar karena ada penugasan pemerintah melakukan operasi pasar, justru harganya lebih rendah.
  • Pasokan jagung ke pasar lokal merosot akibat turunnya produksi jagung sepanjang periode Mei-Oktober 2018. Harga jagung pun melejit menjadi Rp 6.000-Rp 6.150 per kilogram (kg), naik sekitar 50%-53% dari patokan harga batas atas sebesar Rp 4.000 per kilogram. Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat ( Pinsar) Singgih Januratmoko menegaskan, saat ini stok jagung berkurang drastis. Distribusi 10.000 ton jagung dari industri pakan ternak (poultry) yang dipinjam oleh Perum Bulog  juga tersendat.
  • Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) memastikan keputusan pemerintah menghapus pungutan ekspor minyak kelapa sawit mentah atawa Crude Palm Oil (CPO) tidak akan memengaruhi program kerja mereka. Direktur Utama BPDPS Dono Boestami menegaskan BPDPS akan tetap melaksanakan program peremajaan kebun kelapa sawit maupun penelitian.

Bisnis & Investasi:

  • Berkat fitur-fitur yang disediakan Sukuk Negara Tabungan seri ST-002, penjualan instrumen ritel ini berhasil melampaui target. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, ST-002 terserap Rp 4,94 triliun atau oversubscribed sekitar 2,9 kali dari target awal yang disampaikan ke mitra distribusi Rp 1,71 triliun. Capaian ini juga melampaui penjualan ST-001 pada 2016 lalu, sebesar Rp 2,58 triliun Alhasil, dari penerbitan Surat Berharga Negara ritel sepanjang tahun 2018 ini, pemerintah sudah meraup Rp 46,01 triliun. Sebab, sebelumnya, pemerintah juga sudah menawarkan SR-010 sebesar Rp 8,43 triliun, SBR003 sebesar Rp 1,92 triliun, SBR004 Rp 7,32 triliun, dan ORI015 sebesar Rp 23,37 triliun.

  • PT Adhi Karya Tbk (ADHI) masih harus bekerja keras mengejar target perolehan kontrak baru di sisa tahun ini. Hingga 23 November 2018, emiten konstruksi pelat merah ini membukukan kontrak baru senilai Rp 12,60 triliun. Perolehan itu hanya 54% dari target kontrak baru yang dipatok tahun ini sebesar Rp 23,37 triliun. Mayoritas kontrak baru disumbang dari lini konstruksi dan energi yaitu mencapai 90%. Lalu, 8% berasal dari lini properti, sisanya dari lini bisnis lainnya. Dari jenis pekerjaan, sebesar 62% merupakan pekerjaan bangunan, 17% pekerjaan jalan, dan sisanya tipe pekerjaan lainnya.
  • PT Distribusi Voucher Nusantara Tbk akhirnya resmi mencatatkan diri di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (27/11). Perusahaan yang bergerak di industri teknologi ini dengan kode saham DIVA ini saat pertama kali mencatatkan saham perdana melonjak 13,56% menjadi Rp 3.350 per saham. Tapi saat tutup pasar, harga DIVA ditutup hanya menguat 11,19% di Rp 3.280 per saham. Dalam hajatan initial public offering (IPO) ini, DIVA menawarkan 214,28 juta saham baru setara dengan 30% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Adapun harga penawaran ditetapkan Rp 2.950 per saham. Sehingga perusahaan ini bakal mengantongi dana segar Rp 632,14 miliar.
  • PT Ultra Jaya Milk Industry & Trading Company Tbk (ULTJ) telah menyiapkan sejumlah rencana untuk menyambut tahun 2019. Perusahaan ini menganggarkan belanja modal lebih besar untuk ekspansi tahun depan. Muhammad Muthassawar, General Manager Public Relations ULTJ mengungkapkan, di tahun depan akan menggelontorkan belanja modal alias capital expenditure (capex) sebesar Rp 65 miliar. Jumlah ini lebih tinggi 82% dibanding capex tahun ini senilai Rp 35,7 miliar.
  • Usai melego bisnis telekomunikasi, kesibukan PT Nusantara Infrastructure Tbk tahun depan tak lantas berkurang. Perusahaan yang kini dikendalikan oleh dua pemegang saham baru yakni PT Metro Pacifi c Tollways Indonesia dan Indonesia Infrastructure Finance itu, minimal membutuhkan dana belanja modal Rp 3 triliun. Patut dicatat, dana belanja atau capital expenditure (capex) minimal Rp 3 triliun di luar kebutuhan investasi jalan tol. Jadi total capex Nusantara Infrastructure tahun 2019 sejatinya bakal lebih dari itu.

  • Jika beberapa pelaku usaha lain mengabarkan revisi target ekspansi, PT Ace Hardware Indonesia Tbk justru melakukan hal sebaliknya. Dari rencana menambah 15 gerai baru pada tahun ini, hingga akhir November 2018 mereka justru membuka 28 gerai baru. Menurut rencana awal, sebanyak 15 gerai baru di tahun 2018 meliputi 10 gerai Ace Hardware reguler dan lima gerai Ace Express. Namun realisasinya kini, gerai Ace Hardware bertambah 21 unit. Adapun gerai Ace Express bertambah tujuh gerai dan semua berada di Jabodetabek.
  • PT Delta Dunia Makmur Tbk sedang mengupayakan cara untuk meringankan beban utangnya. Anak perusahaan mereka, PT Bukit Makmur Mandiri Utama, mengajukan perubahan syarat dan ketentuan surat utang dalam bentuk permohonan persetujuan (consent solicitation) kepada J.P. Morgan (S. E. A) sebagai solicitation agent. Pada Selasa (27/11), manajemen Bukit Makmur mengajukan consent solicitation atas surat utang senilai US$ 350 juta dengan bunga tetap 7,75% per tahun dan jatuh tempo 2022. Proses pengajuan akan berlangsung mulai 27 November 2018 hingga 24 Desember 2018. Bukit Makmur sudah menerbitkan surat utang di luar wilayah Indonesia dan Amerika Serikat dengan merujuk pada ketentuan Rule 144A dan Regulation S dari US Securities Act of 1993. Surat utang telah tercatat di Singapore Exchange Securities Trading Limited.

 

Internasional:

  • Pemimpin parlemen Korea Utara Kim Yong Nam berkunjung ke Venezuela. Young Nam dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Venezuela Nicolas Maduro dalam kunjungan tersebut. Reuters melaporkan, Yong Nam yang merupakan pemimpin Presidium Majelis Rakyat Tertinggi Korea Utara tiba di Caracas pada Senin (26/11). Kementerian Luar Negeri Venezuela menyebutkan Yong Nam telah bertemu dengan Menteri luar negeri Venezuela Jorge Arreaza.
  • Warga kota Jincheng, yang merupakan jantung tambang batubara di utara China, kini bisa bernafas sedikit lebih mudah setelah kampanye untuk mengurangi polusi memaksa puluhan tambang batubara dan pabrik kimia tutup. “Dulu semuanya tertutup debu, dan sekarang lebih bersih,” kata Zhang Haibin, seorang petani berusia 44 tahun yang tinggal di dusun Jincheng Pabrik dan tambang batubara yang telah ditutup, mengirimkan gelombang kejutan pada ekonomi lokal. Seperti dilansir Reuters, kini pekerjaan sulit ditemukan bahkan bagi penduduk setempat.
  • Dinas keamanan Prancis telah menahan seorang pegawai negeri yang dicurigai telah berusaha menyampaikan informasi sensitif mengenai pemerintah Prancis kepada mata-mata Korea Utara.”Pada Minggu malam, seorang individu ditahan untuk ditanyai pada terkait penyelidikan yang tengah dibuka oleh kantor kejaksaan Paris pada Maret,” kata sumber lembaga pengadilan, yang dikutip Reuters, Senin (26/11). Mengutip BBC kemarin, tersangka yang bernama Benoît Quennedey itu diduga mengumpulkan dan mengirimkan informasi untuk negara asign. “Kemungkinan akan merugikan kepentingan nasional,” kata sumber itu lagi.
  • Hubungan Rusia dengan Ukraina memanas lagi. Bahkan Ukraina memberlakukan darurat militer selama 30 hari di beberapa bagian negara yang paling rentan terhadap serangan dari Rusia setelah Presiden Ukraina Petro Poroshenko mengingatkan ancaman “sangat serius” dari invasi darat Rusia. Poroshenko seperti dikutip Reuters mengatakan, darurat militer diperlukan untuk memperkuat pertahanan Ukraina setelah Rusia menyita tiga kapal angkatan laut Ukraina dan menahan awak kapal di akhir pekan lalu.
  • Perang dagang Amerika Serikat (AS) versus China kian berkobar. Bahkan Presiden AS Donald Trump kembali mengancam China akan mempercepat kenaikan bea tarif masuk impor,  dari 10% menjadi 25% terhadap produk China yang masuk AS bernilai US$ 200 miliar. Kenaikan tarif itu akan berlaku mulai 1 Januari 2019.  Trump juga mengatakan tidak akan mengabulkan permintaan China untuk menunda peningkatan tarif tersebut.
  • Regulator Inggris dan Belanda pada hari Selasa mendenda perusahaan layanan transportasi online Uber Technologies Inc. Regulator menilai, perusahaan ini gagal melindungi informasi pribadi pelanggan selama serangan siber tahun 2016 yang melibatkan jutaan pengguna. Nama, nomor ponsel, dan alamat email yang melibatkan 57 juta pengguna di seluruh dunia. Itu termasuk 2,7 juta akun pengguna di Inggris. Badan Informasi Inggris (ICO) mendenda Uber sebesar US$ $ 490.760. Sementara Otoritas Perlindungan Data Belanda (DPA) mengenakan denda US$ 678,780.
  • Ada kabar mengejutkan dari Jack Ma. Kali ini bukan soal bisnisnya. Pemilik Alibaba ini diberitakan masuk sebagai anggota Partai Komunis China. Seperti diberitakan Bloomberg, media milik Partai Komunis China, People’s Daily mengabarkan, Partai  Komunis China akan memberikan penghargaan kepada 100 orang. Salah satu di antaranya adalah Jack Ma. Partai Komunis China menilai, bos Alibaba itu berkontribusi besar bagi perekonomian Negeri Panda tersebut. Selain Jack Ma, Pemerintah China juga memberi penghargaan kepada Chief Executive Baidu Robin Li,  dan Chairman Tencent Holdings Pony Ma.
  • Rusia akan menjatuhkan denda RUB 700.000 atau US$ 10.450 ke Google. Perusahaan ini dinilai melanggar aturan teknologi informasi di Rusia. Lembaga Federal Pengawasan Komunikasi, Teknologi Informasi dan Media Massa Rusia (Roskomnadzor) memasukkan pelanggaran Google dalam kasus perdata. Menurut lembaga ini, Google juga belum menjadi perusahaan terdaftar di Rusia, serta kerap menayangkan situs-situs terlarang yang diyakini Moskow mengandung informasi ilegal dan melanggar hukum. Pengawas Roskomnadzor mengatakan, pihaknya akan memberikan keputusan akhir pada Desember 2018. Google menolak berkomentar atas tuduhan yang disangkakan Rusia.
  • Saudi Aramco terus menyiapkan agenda ekspansi. Perusahaan minyak asal Arab Saudi itu sudah menyiapkan investasi senilai US$ 150 miliar selama dekade berikutnya. Aramco berencana meningkatkan produksi dan menjadi eksportir. Aramco  memang sedang mendorong kinerja lewat program eksplorasi dan produksi gas konvensional dan non-konvensional. Aramco ingin memproduksi lebih banyak minyak mentah untuk ekspor maupun diolah menjadi bahan kimia. Raksasa minyak ini berencana  meningkatkan produksi gas menjadi 23 miliar standard cubic feet (scf). Padahal saat ini, produksi gas perusahaan ini sebanyak  14 miliar scf.
  • Setelah tiga bulan bercokol menjadi pemakai mahkota dengan nilai di atas US$ 1 triliun, awal November kinerja saham Apple melorot pada awal November lalu. Tak cuma melorot ke level US$ 800-an miliar, pada periode perdagangan Senin (26/11), Apple sempat menyerahkan mahkota ke Microsoft.. Mengutip Reuters kemarin, selama beberapa menit, Microsoft dan Apple berada di angka yang sama: US$  814 miliar.  Bahkan Microsoft sempat unggul sesaat di atas Apple, pertama kali dalam delapan  Setelah saling balap di Senin itu, akhirnya Apple merebut kembali mahkotanya.

(Sumber: Kontan 18/11/28)

Disclaimer: Rangkuman ini diambil untuk tujuan non-profit berita selengkapnya dapat dibaca di sumber terkait.

LEAVE A REPLY