Indonesia Today: Tensi AS & Uni Eropa Kian Meninggi Perang Dagang

IDR/USD = ↑ 14.152,5           +19,5            (+0,14%)              (Source : Bloomberg)

JCI : IND     ↓ 6.478,33           -6,02            (-0,09%)               (Source : Bloomberg)

 

190411_Tensi AS & Uni Eropa Kian Meninggi_Perang Dagang.

  • Setelah berperang dengan China, kini giliran Amerika Serikat berperang dengan Uni Eropa. Intensitas perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa makin meningkat akibat kebijakan subsidi terhadap industri penerbangan yang disengketakan. Uni Eropa diketahui tengah mempersiapkan tarif balasan terhadap kebijakan subsidi AS kepada Boeing Co.
  • Dalam manuver perdagangan terbaru dari pemerintahan Donald Trump, Washington mengatakan bahwa pihaknya akan memberlakukan tarif terhadap beberapa barang impor Uni Eropa senilai US$11 miliar. AS mengeluh kepada World Trade Organization/WTO bahwa Airbus telah mendapat banyak subsidi ilegal senilai miliaran dolar.
  • Bulan lalu Uni Eropa menemukan bahwa sekitar US$325 juta subsidi pajak yang diberikan oleh negara bagian Washington kepada Boeing adalah pelanggaran hukum.
  • Meskipun pihak Uni Eropa belum mengungkapkan jumlah produk AS yang akan menjadi target tarif baru, pihak dari Airbus SE. mengatakan bahwa Uni Eropa akan memberikan balasan yang lebih besar terhadap Washington.
  • Perselisihan dagang yang makin rumit ini datang di tengah upaya Komisi Eropa, badan eksekutif Uni eropa, untuk memangkas tarif industri dengan pemerintahan Trump.
  • Aksi balas-membalas tarif dagang saat ini justru akan memperkeruh proses negosiasi dan berpotensi merusak upaya Komisi Eropa yang menginginkan agar tidak ada lagi ancaman tarif terhadap produk asing seperti kendaraan dan suku cadang mobil.
  • Juru bicara Kementerian Ekonomi Jerman memberikan pernyataan melalui e-mail yang mengatakan bahwa pemberlakuan tarif tergantung kesepakatan antara Uni eropa dan AS terkait kesepakatan pada subsidi industri penerbangan masing-masing pihak.
  • Kebijakan tarif yang dikenakan AS terhadap impor Uni Eropa relatif lebih lunak dibandingkan dengan perang tarif antara As dan China, dimana kedua negara saat ini saling menyadera produk impor satu sama lain sekitar US$360 miliar dengan tarif tinggi.
  • Namun kebijakan ini juga merupakan sebuah peningkatan yang signifikan dalam ketegangan dagang dengan Uni Eropa, yang telah memberlakukan tarif balasan terhadap 2,8 miliar euro atau senilai US$3,2 miliar produk impor AS, pascapembatasan dagang yang diterapkan Trump atas produk baja dan aluminium asing.

 

(Bisnis Indonesia, Nirmala Aninda)

LEAVE A REPLY