Indonesia Today: Tren Peningkatan Harga Emas

Domestik:

  • Pasca mengumumkan relaksasi daftar negatif investasi (DNI) , pemerintah tak kunjung juga menerbitkan revisi Peraturan Presiden (Perpres) No 44/2016. Pemerintah mengaku, masih akan menunggu masukan pengusaha terkait hal tersebut. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih akan melakukan sosialisasi lantaran masih ada pengusaha yang meminta penjelasan dari pemerintah. Bahkan, ia berencana menghadiri Rapat Pimpinan Nasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia besok untuk mensosialisasikan kebijakan ini.
  • Dua asumsi makro yang dipengaruhi faktor global, yakni nilai tukar rupiah dan harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia curde price atau (ICP) masih bergerak dinamis. Perlahan, nilai tukar rupiah yang sempat melemah, kembali menguat. Pun dengan harga minyak mentah dunia yang sempat mencapai titik tertinggi, kembali menurun. (lihat halaman 7) Nilai tukar rupiah, kini menguat ke kisaran Rp 14.500 per dollar Amerika Serikat (AS), setelah pada awal Oktober lalu melemah melampaui level Rp 15.000 per dollar AS. Sedangkan harga minyak mentah dunia turun ke level US$ 53 per barel untuk West Texas Intermediate (WTI) setelah sempat melampaui US$ 75 per barel dan turun ke level US$ 60 per barel untuk Brent setelah sempat melampaui US$ 85 per barel.

 

Bisnis & Investasi:

  • Tahun ini menjadi tahun panen perhelatan initial public offering (IPO). Sudah lebih dari 50 perusahaan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Namun, mayoritas nilai emisinya kecil. Imbasnya, harga saham di hari pencatatan (listing) melonjak signifikan. Bahkan, kenaikannya ada yang sampai 70%. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana membatasi kenaikan harga saham IPO.

  • Persaingan perbankan dan financial technology (fintech) bakal lebih sengit. Perbankan mulai melakukan serangan balik, dengan menggarap kredit nasabah melalui teknologi digital. Misalnya saja, Bank BNI   lewat BNI digital loan. Awalnya, layanan ini untuk mempermudah pengajuan kredit usaha rakyat (KUR) bagi calon debitur. Namun, pengajuan kredit visa online berbasis website BNI ini mulai melayani pengajuan kredit untuk kredit pemilikan rumah (KPR), kredit tanpa agunan (KTA), kartu kredit, dan kredit wirausaha.
  • Tren peningkatan harga komoditas emas yang terjadi sejak awal tahun, memberikan angin segar atas penerimaan pajak. Moncernya perdagangan emas sepanjang tahun ini, seharusnya juga turut mengerek penerimaan. Harga emas milik pelat merah PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) saja, naik dari awal tahun sebesar Rp 600.000 per gram menjadi Rp 660.000 per gram jika merujuk harga logam mulia (LM) Pulogadung Jakarta, Jumat (23/11). Sementara penjualan penjualan emas batangan periode Januari-Oktober 2018 telah mencapai 24 ton.
  • PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) belum juga menentukan harga penerbitan saham baru untuk pemegang saham lama (rights issue). Perusahaan ini semula berniat menerbitkan maksimal 15 miliar saham baru paling lama September 2019. Direktur Keuangan ENRG Edoardus A. Windoe mengungkapkan, rencana rights issue tersebut telah mendapat restu pemegang saham lewat rapat umum pemegang saham (RUPS) September 2018 lalu.
  • PT Wijaya Karya (Persero) Tbk memastikan proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) yang menghubungkan Jakarta-Bandung jalan terus. Perusahaan pelat merah ini bahkan siap membangun pabrik sementara, untuk memproduksi girder dan beton. Tahap pembangunan pabrik bahan bangunan pendukung proyek KCIC bisa terealisasi karena proses pembebasan lahan kini sudah sampai 82%. Nanti, pabrik tersebut berada di lokasi lahan yang telah dibebaskan.

  • PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk perlahan sedang membangun citra bisnis baru. Peritel yang biasa dikenal menyasar segmen menengah ke bawah itu, semakin getol menambah gerai Ramayana Prime yang membidik segmen menengah. Rencana terdekat, Ramayana Lestari berencana membuka Ramayana Prime di Sleman, Yogyakarta pada bulan depan. Gerai baru tersebut bakal melengkapi dua gerai lain yang sebelumnya sudah beroperasi di Jatinegara dan Cibubur, Jakarta.

 

Internasional:

  • Saat banyak perusahaan memboikot Arab Saudi pasca kematian jurnalis Jamal Ahmad Khashoggi, ABB dan Siemens berbeda sikap. Diberitakan Reuters, Kepala eksekutif ABB dan Siemens memilih tetap melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk menghadiri konferensi pemasok. . Padahal beberapa minggu lalu kedua pimpinan perusahaan itu sempat menarik diri dari kegiatan investasi di negara itu. CEO ABB, Ulrich Spiesshofer dan Joe Kaeser dari Siemens akan melakukan perjalanan ke Dammam atas acara yang diselenggarakan Saudi Aramco.
  • Pertumbuhan ekonomi China tahun ini diperkirakan mencapai 6,6% tahun ini. Namun pertumbuhan tahun depan cenderung melambat dan diperkirakan hanya menyentuh angka 6,3%. Seperti diberitakan Reuters, Minggu (25/11) Universitas Renmin Beijing China memberikan laporan bahwa pertumbuhan melambat karena Negeri Tembok Raksasa tersebut sedang berjuang menghadapi tantangan perdagangan dan reformasi struktural di pemerintahan. Prediksi tersebut memang sesuai dengan perkiraan Reuters. Dalam jajak pendapat dengan 73 ekonom yang memperkirakan bahwa China berada di bawah tekanan dalam menghadapi perang dagang dengan Amerika Serikat (AS).
  • Selain Indonesia, pasar andalan Xiaomi adalah India. Tahun depan, produsen asal China ini akan meluncurkan 5.000 Mi Store di seluruh India. Gelombang pertama ekspansi ini terjadi 29 Oktober lalu, dengan membuka 500 toko. Mengutip indianexpress.com akhir pekan lalu,  Xiaomi akan memperbanyak rantai pasok. Yakni menggenjot distributor dari lima menjadi 25. Xiaomi milai memasuki India pada tahun 2014 dengan fokus pada penjualan online. Tapi perlahan meningkatkan kehadiran toko offline. Perusahaan ini sudah menghadirkan Mi Home Stores yang menawarkan produk mirip dengan di China. Juga toko Mi Preferred yang bermitra dengan perusahaan setempat di kota besar India.
  • Mantan Bos Nissan Carlos Ghosn yang ditangkap karena dicurigai melakukan kesalahan keuangan, telah membantah tuduhan terhadap dirinya. Reuters, mengutip NHK, mengabarkan pada hari Minggu (25/11). Ghosn, yang belum berbicara secara terbuka, telah membantah tudingan tersebut ke penyidik. NHK, tak menyebutkan darimana sumber tersebut dan menjelaskan lebih lanjut terkait bantahan itu.
  • Go-Viet, perusahaan afiliasi Go-Jek di Vietnam mulai  mulai merintis layanan pengiriman makanan, Go-Food yang sukses di Indonesia. Deputi Head of Business Development Nguyen Bao Linh mengatakan, ujicoba Go-Food mulai 20 November lalu di Ho Chi Minh City dan diharapkan kota-kota besar Vietnam lain akan menyusul
  • Perayaan Black Friday menghasilkan peningkatan belanja online di Amerika Serikat (AS). Diberitakan Reuters, akhir pekan lalu, nilai belanja online di negeri Paman Sam saat Black Friday mencapai US$ 6,22 miliar atau Rp 90,8 trilun (dengan kurs Rp 14.600 per dollar AS) Adobe Analytics mencatat nilai tersebut adalah rekor baru. Nilai ini naik 23,6% dibandingkan dengan tahun lalu. Hasil ini sekaligus menunjukkan banyak orang AS memilih tinggal di rumah dan  dan menggunakan ponsel pintar untuk berbelanja. Pergeseran gaya belanja ini pula memaksa industri ritel  di seluruh negara Paman  Sam berinvestasi meningkatkan bisnis e-commerce mereka.

(Sumber: Kontan 18/11/26)

Disclaimer: Rangkuman ini diambil untuk tujuan non-profit berita selengkapnya dapat dibaca di sumber terkait.

LEAVE A REPLY