Korsel – Jepang Resmi Putus Kerja Sama Dagang.

IDR/USD = ↓ 13.966,50            -27,5 (-0,20%)           (Source : Bloomberg)

JCI : IND     ↓ 6.334,84             -7,33 (-0,12%)           (Source : Bloomberg)

 

190916_Korsel – Jepang Resmi Putus_Kerja Sama Dagang.

  • Korea Selatan akan mengumumkan secara resmi keputusan untuk menghapus Jepang dari daftar putih (whitelist) tujuan ekspor utama. Pengumuman itu akan disampaikan pada awal pekan ini.
  • Hubungan antara Seoul dan Tokyo merosot ke titik terendahnya dalam beberapa dasawarsa setelah serangkaian perselesihan. Masalah utama kedua negara berakar pada dendam yang belum terselesaikan atas penjajahan Jepang di Semenanjung Korea pada 1910-1945.
  • Pemerintah Korea Selatan pada Rabu pekan lalu menegaskan rencana pengajuan keluhan kepada  Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) terhadap pembatasan ekspor yang dilakukan Jepang.
  • Pada Juli 2019, Jepang memberlakukan pembatasan  yang lebih ketat pada ekspor tiga barang produksi utama ke Korea Selatan yang digunakan dalam cip ponsel pintar dan layar display. Ini diterapkan pascasengketa diplomatik mengenai kompensasi untuk pekerja paksa selama pendudukan Jepang atas Korea sepanjang Perang Dunia II.
  • Ditambah lagi Jepang sekarang mewajibkan eksportir meminta izin setiap kali ingin mengirimkan bahan-bahan tersebut, yang memakan waktu hingga 90 hari.
  • Menteri Perdagangan Korea Selatan Yoo Myung-Hee menyampaikan, perusahaan Korea selatan saat ini dihadapkan dengan masalah serius sebagai akibat dari pembatasan ekspor, yang juga menimbulkan ketidakpastian ke dalam rantai pasokan global.
  • Menurutt Asosiasi Perdagangan Internasional Korea selatan, defisit perdagangan antara Korea Selatan dengan Jepang mencapai US$24 miliar pada tahun lalu, terbesar jika dibandingkan dengan lebih dari 250 mitra dagang negara tersebut.

 

(Bisnis Indonesia, Nirmala Aninda)

LEAVE A REPLY