Indonesia Today (07/03/2017)

The original text of the summary of Indonesian media is written in Bahasa Indonesia.

IDR/USD = ↓ 13.350             -33                   (-0,25%)               (Source : Bloomberg)

JCI : IND      ↑  5.409,817      +18,602          (+0,35%)              (Source : Bloomberg)

 

170307, Bisnis Indonesia_Kompak di Samudra Hindia_Konferensi Tingkat Tinggi IORA.

  • Sebanyak 21 kamar dagang Negara anggota Indian Ocean Rim Association (IORA) menyepakati 11 poin deklarasi bersama untuk memperkuat peran sector swasta dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi Negara di kawasan tersebut.
  • 11 poin deklarasi bersama adalah : 1) diversifikasi perdagangan dengan focus UKM, 2) mengeliminir hambatan perdagangan, 3) meningkatkan perdagangan langsung, 4) menjaga iklim investasi yang lebih inklusif dan kondusif, 5) memobilisasi investasi asing dan swasta domestik, 6) perhatian pada ketahanan pangan, manufaktur, pembangunan infrastruktur, kerja sama maritime, pariwisata, dan akses ke pasar modal dan keuangan. 7)mengembangkan konektivitas yang lebih baik, melalui mobilisasi investasi swasta. 8) kolaborasi di bidang edukasi, pelatihan,dan magang untuk meningkatkan keterampilan dan kewirausahaan. 9) memberdayakan perempuan dan pengusaha muda, 10) perbaikan kebijakan publik, 11) mendorong kerja sama berdasarkan kesetaraan dan keuntungan bersama.
  • Potensi IORA adalah memiliki populasi 2,7 miliar, dilalui setengah perjalanan container dunia, memiliki 2/3 pengapalan tanker energy dunia, memiliki 55% cadangan minyak dunia, memiliki 40% cadangan gas dunia, dan menghasilkan 30% produksi ikan tuna dunia.

(Hadijah Alaydrus / hadijah.alaydrus@bisnis.com)

(Annisa Margrit/Arys Aditya/Dara Azillya/Maria Y.Benyamin/Puput Ady Sukarno)

 

170307, Bisnis Indonesia_Suku Bunga Setara Kredit Usaha Rakyat_Pembiayaan Ultra Mikro.

  • Bunga pembiayaan ultra mikro akan ditawarkan setara dengan bunga kredit usaha rakyat yang lebih dulu diimplementasikan. Namun, fasilitas pembiayaan baru tersebut nantinya memiliki tenor pinjaman yang lebih pendek.
  • Skema pembiayaan ultra mikro ini dijadwalkan bisa bergulir pada akhir bulan ini.
  • Risiko kredit bermasalah akan diatasi dengan sistem fidusia. Fidusia merupakan pengalihan hak kepemilkan suatu benda atas dasar kepercayaan dengan ketentuan benda tersebut tetap dalam penguasaan pemilik benda.

(Kurniawan A. Wicaksono / kurniawan.agung@bisnis.com)

 

170307, Bisnis Indonesia_Seksinya Bank Sentral_Intervensi Pemerintah.

  • Isu mengenai kenaikan tekanan dan intervensi pemerintah kepada bank sentral seolah sedang berkembang menjadi tren di sejumlah Negara besar dunia saat ini.
  • Isu tersebut setidaknya sudah berkembang di Amerika Serikat, Jerman, Turki dan India. Serangan terutama ditujukan oleh para politisi kepada gubernur bank sentral atau dewan gubernurnya. Mereka ingin pemerintah memiliki akses yang lebih besar untuk ikut serta dalam setiap kebijakan bank sentral.
  • Di Amerika Serikat, Partai Republik yang berkuasa di kongres AS terus melancarkan tekanan kepada Bank Sentral (The Fed). Politisi meminta The Fed untuk berkonsultasi dengan pemerintah setiap akan memutuskan mengenai suku bunganya.
  • Ekonom Indef Eko Listyanto mengatakan, akan sulit bagi The Fed menihilkan sentiment politis dalam setiap kebijakan moneternya, ketika Trump menjabat Presiden AS. Perlawanan berlebih dari bank sentral justru akan menimbulkan gejolak baru di tengah pemulihan ekonomi AS.
  • Di Uni Eropa, Bank Sentral Eropa (ECB) juga sedang di bawah tekanan pemerintah Jerman. Sebagai Negara ekonomi terbesar saat ini, Negeri Panser ingin ECB muai memperketat kebijakan moneternya.
  • Di India, operasi moneter bahkan lebih banyak diambil oleh legislative dan eksekutif. Hal ini membuat supremasi bank sentral tak lagi sekuat sebelumnya. Fenomena ini tercatat sejak Gubernur Bank Sentral India (RBI) di ambil alih oleh Urjit Patel.
  • Sejumlah pengamat lain pun meyakini, pemerintah di Negara –negara lain dalam waktu dekat akan ikut serta melucuti independensi bank sentral. Akibatnya, aspek politik akan sangat kental dalam setiap kebijakan-kebijakan moneter bank sentral.
  • Padahal pada dasarnya bank sentral harus bersih dari kepentingan politik. Sejak era 1970 an bank sentral telah akrab dengan operasi independen terkait control inflasi dan sejumlah kebijakan moneter lainnya.

(Yustinus Andri / yustinus.andri@bisnis.com)

(Bloomberg/Reuters)

 

170307, Kompas_Rokok Perparah Kemiskinan_Rokok.

  • Sifat adiksi rokok membuat banyak orang sulit lepas dari jeratannya. Meski miskin, pekerjaan tak menentu, dan sadar ancaman penyakitnya, mereka tetap merokok. Rokok terbukti melanggengkan kemiskinan, tetapi pengendaliannya dinilai setengah hati.
  • Riset kesehatan dasar 2013 menunjukkan, dari prevalensi perokok 36,3%, sebagian besar perokok justru bermata pencarian sebagai petani, nelayan dan buruh. Para perokok umumnya berasal dari kelompok ekonomi menengah ke bawah, sehingga memberikan beban lebih besar pada ekonomi keluarga.

(IKI/DNE/EGI/CAS/ADH/MZW)

 

LEAVE A REPLY