Indonesia Today (10/03/2017)

The original text of the summary of Indonesian media is written in Bahasa Indonesia.

IDR/USD = ↑ 13.390              +40               (+0,30%)              (Source : Bloomberg)

JCI : IND      ↑  5.402,386      +8,622          (0,16%)                (Source : Bloomberg)

 

170310, Bisnis Indonesia_Negeri Paling Cepat Kaya_Perekonomian Australia.

  • Lokasi strategis, tarif pajak rendah, sistem kesehatan hebat, dan keindahan alam membuat Australia menyandang kawasan yang paling nyaman di dunia. Segala keunggulan tersebut juga membuat silau para hartawan global, sehingga tertarik mendatangi Negeri Kanguru tersebut.
  • New World Wealth mencatat Australia justru bisa menjadi Negara yang paling cepat kaya. Dalam satu decade terakhir totalkekayaan yang dimiliki Australia meningkat 85%. Bandingkan Amerika Serikat hanya tumbuh 30% dan Inggris 28%.
  • Dalam 25 tahun terakhir Australia tidak pernah mengalami resesi. Wajar jika saat ini Canberra dianggap lebih makmur dibandingkan dengan Washington atau London. Bisa jadi, nantinya Negara ini semakin menarik bagi para imigran, apalagi ketegangan terkait isu ras dan agama semakin meningkat di Eropa.
  • New World Wealth menilai penggunaan perhitungan kekayaan per orang sebagai indikator mengukur kondisi finansial lebih bagus dibandingkan dengan produk domestik bruto (PDB) per kapita yang saat ini masih banyak digunakan di sebagian besar negara di dunia.

(Bloomberg)

(Desi A. Zuhriyah / redaksi@bisnis.com)

 

170310, Bisnis Indonesia_Minyak Mentah Sulit Mendidih_Efek Produksi AS.

  • Harga minyak mentah diperkirakan cenderung melemah dalam jangka pendek sebagai dampak sentiment penambahan produksi Amerika Serikat dan pengerekan suku bunga.
  • Pada perdagangan Kamis (9/3) pukul 16:26 WIB, harga minyak WTI kontrak April 2017 berada di posisi US$50,39 per barel, naik 0,22% atau 0,11 poin. Hari sebelumnya, harga ditutup anjlok 5,38% ke level US$50,28, atau level terendah sejak November 2016.
  • Secara total OPEC dan Negara produsen minyak mentah lain sepakat memangkas produksi pada Januari-Juni 2017 sebesar 1,8 juta barel per hari.
  • Data US Energy Information Administration (EIA) pada Rabu (8/3) menyebutkan, persediaan minyak Amerika Serikat dalam sepekan yang berakhir Jumat (3/3) meningkat 8,2 juta barel menjadi 528,39 juta barel. Ini menjadi level tertinggi sejak Agustus 1982.
  • Tingginya suplai dari Amerika Serikat bakal membebani pasar sampai akhir pekan ini, sehingga harga minyak WTI cenderung tertekan dan berpotensi melemah ke US$48,7 per barel.

(Hafiyyan / redaksi@bisnis.com)

 

170310, Bisnis Indonesia_Kemendag Terapkan Sejumlah Strategi_Stabilitas Harga Pangan.

  • Pemerintah telah menetapkan harga acuan untuk tujuh komoditas pangan, seperti tertuang dalam permendag Nomor 63 tahun 2016 tentang Penetapan Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen, yang terbit pada September 2016.
  • Namun, Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) mencatat harga bahan pokok masih berada diatas harga acuan konsumen yang ditetapkan.
  • Direktur Jenderal Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahya Widyanti mengatakan kondisi tersebut disebabkan sejumlah faktor, antara lain cuaca ekstrim yang menyebabkan gangguan produksi, kurang lancarnya distribusi, dan berkurangnya pasokan pasar.
  • Kementerian Perdagangan menyiapkan berbagai strategi untuk mnejaga stabilitas harga. Pertama, meenjaga ketersediaan pasokan dengan mengoptimalkan peran Bulog, asosiasi usaha, BUMD, dan para pedagang untuk mnejaga harga di tingkat acuan dan tidak menimbun serta menyediakan alternative pasokan barang yang lebih murah. Kedua, efisinsi diatribusi dari sentra produksi bahan pokok ke daerah pasar bekerja sama dengan Kementerian pertanian, BUMN, dan BUMD, serta pemenfaatan Sistem Informasi Perdagangan Antar Pulau (SIPAP) untuk mendukung implementasi tol laut dengan menambah tujuh rute dan dua depo maritime pada tahun ini. Terakhir, memantau harga barang kebutuhan pokok melalui SP2KP dimana informasi harga bersifat real time sehingga dapat dijadikan acuan untuk menentukan kebijakan stabilisasi harga.

(Annisa Margrit)

 

170310, Kompas_Aturan Segera Terbit_Tenaga Kerja Konstruksi.

  • Pemerintah menargetkan serifikasi bagi 750.000 tenaga ahli dan tenaga kerja terampil di sektor konstruksi hingga akhir 2019. Dengan sertifikasi, remunerasi bagi pekerja akan lebih baik. Tahun ini semua atruan turunan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi diharapkan sudah terbit.
  • Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional mencatat, pada 2015 jumlah tenaga kerja konstruksi di Indonesia yang memiliki sertifikasi ahli sebanyak 109.007 orang, dan yang memiliki sertifikasi keterampilan sebanyak 387.420 orang, dari total 7,3 juta pekerja di sektor konstruksi.
  • Persatuan Insinyur Indonesia mencatat dari lulusan sarjana teknik berbagai disiplin ilmu yang saat ini mencapai 750.000 orang, hanya sekitar 40% yang berprofesi sesuai bidangnya.
  • Secara terpisah, Wakil Ketua Umum Bidang Pranata Usaha dari Profesi Ikatan Nasional konsultan Indonesia Ronald Sihombing mengatakan, dengan standar remunerasi minimum, penyadia jasa konsruksi tidak membanting harga seperti yang selama ini terjadi.

(NAD)

LEAVE A REPLY