Indonesia Today (13/03/2017)

The original text of the summary of Indonesian media is written in Bahasa Indonesia.

U.S. Federal Reserve Chairman Janet Yellen holds a news conference in Washington December 16, 2015. REUTERS/Jonathan Ernst -

IDR/USD = ↓ 13.376              -14                  -0,10%                  (Source : Bloomberg)

JCI : IND      ↓  5.390.677      -11,709           -0,22%                  (Source : Bloomberg)

 

170313, Bisnis Indonesia_7-DRR Diprediksi Tetap_Prospek Kenaikan Bunga Fed.

  • Bank Indonesia diprediksi mempertahankan suku bunga acuan dalam negeri yakni 7-Day Repo Rate (7-DRR) meskipun Bank Sentral Amerika Serikat menaikan Fed Fun Rate dalam waktu dekat.
  • Ekonom PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Akbar Suwardi menuturkan bank sentral tidak akan menaikkan suku bunganya dalam waktu dekat karena Bank Indonesia (BI) cenderung akan melihat dulu bagaimana reaksi pasar atas kenaikan suku bunga The Fed ini.
  • Capital outflow diperkirakan berlangsung terbatas. Hal ini, lanjut Akbar, disebabkan oleh fundamental makroekonomi Indonesia yang relative stabil dan masih tingginya imbal hasil obligasi sehingga lebih menarik apabila dibandingkan dengan surat utang yang ditawarkan Negara lain.
  • Ekonom PT Bank Permata Josua Pardede mengatakan BI tidak akan melakukan penyesuaian 7-DRR dalam bulan ini melihat kondisi fundamental Indonesia yang semakin kuat.
  • Namun kenaikan Fed Fund Rate ini tentu akan memberikan dampak kepada nilai tukar rupiah. Efek tersebut sudah mulai muncul sejak pekan lalu. Hal ini imbasnya tidak terlalu besar, karena BI akan melakukan operasi moneter agar penguatan dolar AS tidak terlalu cepat.

(Hadijah Alaydrus / hadijah.alaydrus@bisnis.com)

(Reuters / Bloomberg / Yustinus Andri)

 

170313, Bisnis Indonesia_Eropa Dorong Kerja Sama Bilateral_Proteksi Dagang Amerika Serikat.

  • Uni Eropa terus mendorong pembuatan kerja sama bilateral dengan Negara-negara mitra dagang. Saat ini Uni Eropa mendekati kata sepakat untuk membentuk perdagangan bebas (FTA) dengan Jepang, Singapura dan Vietnam. Percepatan proses juga dilakukan dengan Indonesia dan Fillipina, sedang pembicaraan awal juga sudah dilaksanakan dengan Malaysia, Australia, Selandia Baru dan Chile.
  • Komisioner Perdagangan Uni Eropa Cecilia Malmstrom mengatakan Uni Eropa masih menunggu kejelasan sikap dari Amerika Serikat, sambil terus memperkuat kesepakatan dengan Negara lain.
  • Dalam pertemuan antara Menteri Ekonomi Asean dengan European Union Trade Commisioner akhir pekan lalu, disepakati bahwa negosiasi UE-Asean FTA kembali dilanjutkan.
  • Asean yang memiliki Produk Domestik Bruto gabungan mencapai US$2,6 triliun telah menunjukkan integritas yang sangat baik selama beberapa tahun terakhir. Hal ini tentunya menjadikan ketertarikan bagi Uni Eropa.

(Reuters / Yustinus Andri)

 

170313, Bisnis Indonesia_Impor Besi & Baja Diharapkan Turun_Pemangkasan Produksi China.

  • Pelaku industri besi dan baja berharap keputusan China memangkas produksi komoditas tembaga itu tahun ini dapat menurunkan laju impor di Indonesia.
  • Pemangkasan produksi hingga 50 juta ton merupakan kabar baik bagi industri besi dan baja di Tanah Air. Langkah tersebut diharapkan dapat kembali mengangkat harga besi dan baja global ke level wajar.
  • Impor besi dan baja dari China tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga Negara-negara Asean lainnya. Terdapat perbedaan harga yang besar antara produk China dengan besi dan baja yang ditawarkan Negara lain termasuk Indonesia. Harga yang ditawarkan China bisa lebih murah 25% dari yang di produksi oleh Indonesia.

(Annisa Margrit / annisa.margrit@bisnis.com)

 

170313, Bisnis Indonesia_Tarif Batas Atas KA Bandara Rp100.000_Kereta Api.

  • Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan tariff batas atas kereta api dari Bandara Soekarno Hatta Cengkareng sejauh 36,3 km sebesar Rp100.000 per penumpang.
  • Proyek pembangunan jalur KA dari Batu Ceper menuju Bandara Soekarno Hatta selesai Juni 2017, bila masalah tanah yang berada pada ruas stasiun Batu Ceper menuju Bandara Soekarno Hatta bisa selesai tepat waktu. Proyek pembangunan Kerata Api Bandara Soekarno Hatta menghabiskan dana Rp2 triliun. Diperkirakan kereta api bandara bisa beroperasi Juni-Agustus 2017.

(Yudi Supriyanto /redaksi@bisnis.com)

 

170313, Kompas_Dana Desa Segera Ditransfer_Dana Desa.

  • Sekitar setengah bulan lagi, dana desa tahap pertama tahun 2017 akan mulai digelontorkan dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah. Volumenya lebih besar daripada dua tahun lalu sehingga disiplin tata kelola perlu ditingkatkan dan layanan penyalurannya didekatkan ke daerah.
  • Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Boediarso Teguh Widodo menyatakan, penyaluran dana desa 2017 dilakukan dalam dua tahap, yakni awal April dan Agustus. Komposisinya 60% dan 40% dari pagu yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan belanja Negara 2017 sebesar Rp60 triliun untuk 74.093 desa. Pagu tahun ini meningkat Rp20,7 triliun dari tahun lalu.

(LAS)

LEAVE A REPLY