Indonesia Today (16/03/2017)

The original text of the summary of Indonesian media is written in Bahasa Indonesia.

IDR/USD = ↓ 13.364                       -6                (-0,04%)            (Source : Bloomberg)

JCI : IND     ↑ 5.432,381            +0,796             (0,01%)              (Source : Bloomberg)

 

170316, Bisnis Indonesia_Pasar Ekspor Nonmigas Indonesia Bergeser_Perdagangan Luar Negeri.

  • India berhasil menggeser Jepang sebagai Negara tujuan ekspor nonmigas terbesar ketiga dari Indonesia. Hal ini dimungkinkan karena India memiliki jumlah penduduk yang lebih banyak disbanding Jepang, dan pertumbuhan ekonominya pun cukup cepat. Jepang hanya menginginkan produk Indonesia dengan kualitas tinggi, sementara India dapat menerima produk Indonesia dengan bernagai kualitas. Saat ini ekspor ke India didominasi komoditas crude palm oil (CPO) dan batubara.
  • Ekspor CPO Indonesia ke Pakistan juga naik dibandingkan dengan pasokan ke China. Demikian pula dengan Arab Saudi yang meningkat permintaan ekspor mobil dari Indonesia. Ekspor buah-buahan ke Timur Tengah pun dipacu.
  • Menurut Menko Pererkonomian Darmin Nasution, India, Pakistan dan Afrika Selatan merupakan pasar ekspor yang sangat menarik bagi Indonesia. Menteri Perdagangan Enggartiato Lukita mengatakan Indonesia akan melakukan negosiasi untuk mengatasi masalah hambatan tariff perdagangan ke Negara-negara anggota Indian Ocean Rim Assosiation (IORA).
  • Menurut Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira Adhinegara, begesernya pasar ekspor nonmigas Indonesia dari Jepang, Amerika Serikat dan Eropa, disebabkan ketidak pastian ekonomi dan pertumbuhan ekonomi yang belum menyakinan dari Negara-negara ini. Sementara pasarnya begeser ke India, karena disebabkan Negara ini memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi dan adanya stabilitas politik.

(Hadijah Alaydrus / hadijah.alaydrus@bisnis.com)

 

170316, Bisnis Indonesia_ Tuntutan Publikasi Laporan Meningkat_Kewajiban Pajak Trump.

  • Presiden Amerika Serikat Donald trump mendapat tekanan untuk mempublikasi laporan pajaknya. Sejak masa kampanye, saat Hillary Clinton telah mempublikasi laporan pajaknya, Donald Trump malah menolak melakukan hal yang sama.
  • Tudingan pengemplangan pajak kembali mengemuka setelah sebuah stasiun televise MSNBC dalam sebuah acaranya menampilkan seorang wartawan veteran yang ahli di bidang pajak David Cay Johnston. Tahun 2005 Trump mengklaim dirinya mengalami kerugian US$100 juta, hal ini memungkinan Trump mendapat keringan pajak.
  • Namun, bantahan pun datang dari gedung putih, yang mengatakan bahwa Trump sudah membayar pajak penghasilan sebesar US$38,4 juta dari total pendapatannya sebesar US$152,7 juta. Trump enggan mempublikasi laporan pajaknya dengan dalih bahwa laporan pajaknya sedang diperiksa dan diaudit oleh Internal Revenue Service (IRS).

(Reuters/Bloomberg/Yustinus Andri)

 

170316,Bisnis Indonesia_RI Potensial Jadi Basis Produksi_Bisnis Farmasi.

  • Guna pengembangan usaha mereka, perusahaan farmasi nasional mengekspor hasil produksi mereka ke luar negeri. Sedang perusahaan farmasi asing menjadikan Indonesia sebagai basis produksi regional bagi industri farmasi mereka.
  • Pasar ekspor utama farmasi Indonesia adalah Negara-negara Asean yang belum memiliki pabrik obat-obatan. Produk farmasi yang diekspor adalah produk farmasi over the counter dan abat-obatan herbal.
  • Indonesia potensial sebagai basis produksi industry farmasi karena Indonesia memilki pasar domestik yang besar dengan pertumbuhan yang pesat.

(Demis Rizky Gosta / demis.rizky@bisnis.com)

 

170316,Bisnis Indonesia_Infrastruktur Masih Jadi Hambatan_Investasi Wilayah Timur.

  • Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), kontribusi produk domestic bruto (PDB) Pulau Jawa dan Sumatera pada PDB nasional mencapai 58,91%. Hal ini tentu disebabkan investasi yang masih terlalu sentralistik di Jawa dan Sumatera. Untuk menarik investasi ke wilayah Timur tentu harus dibarengi dengan ketersediaan infrastruktur dasar seperti jalan, pelabuhan, listrik dan koneksi internet.
  • Menurut Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Rosan P. Roeslani, untuk menarik investor ke wilayah timur pemerintah harus proaktif memberikan insentif pada investor termasuk dalam perpajakan, tax allowance, dan sejumlah skema insentif fiskal lainnya.
  • Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengemukakan, untuk pembangunan Indonesia wilayah Timur di sector perindustrian akan diarahkan pada industry yang berbasis sumber daya alam, mineral dan migas. Pembangunan kawasan industry wilayah timur pun akan diakselerasi. Saat ini kementerian Perindustrian sedang merintis kawasan industry di wilayah timur.

(Dara Azilliya)

 

170316,Kompas_Momentum Perkokoh Mikro_Dirut BRI.

  • Suprajarto ditunjuk sebagai direkktur utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. yang baru dalam rapat umum pemegang saham, menggantikan Asmawi Syam yang habis masa jabatannya. Hal ini menjadi momentum untuk memperkokoh pangsa pasar kredit sektor usaha mikro, kecil dan menengah. BRI memiliki bisnis yang sangat kuat dalam kredit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Hal ini sejalan dengan perhatian pemerintah.
  • Suprajarto adalah wakil direktur utama PT Bank Tabungan Negara Indonesia (Persero) Tbk. Sebelumnya beliau menjabat sebagai salah satu direktur di BRI.

(AHA/APO/NTA)

LEAVE A REPLY