Indonesia Today (20/03/2017)

The original text of the summary of Indonesian media is written in Bahasa Indonesia.

IDR/USD = ↓ 13.345             -2                     (-0,01%)           (Source : Bloomberg)

JCI : IND      ↑  5.540,432      +22,191          (+0,40%)          (Source : Bloomberg)

 

170320,Bisnis Indonesia_DJP Dorong Identitas Tunggal_Perluasan Basis Pajak.

  • Penerapan single identity number (SIN) atau nomor identitas tunggal akan sangat membantu bagi perluasan basis pajak di Indonesia, hal ini pun telah diterapkan di Negara-negara maju. Dengan demikian akan sangat strategis, karena bisa mengintegrasikan berbagai data dalam satu kartu.
  • Menurut Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan pasal 35A menganut kewajiban bagi setiap instansi pemerintah, lembaga asosiasi, dan pihak lain, untuk memberikan data informasi yang berkaitan dengan perpajakan kepada Ditjen Pajak. Adapun data yang wajib diberikan seperti kekayaan, utang, penghasilan, biaya pengeluaran, transaksi keuangan, dan data kegiatan ekonomi milik pribadi atau badan.
  • Penerapan SIN belum dapat diterapkan dalam waktu dekat, karena perlu koordinasi antar lembaga dan kementerian untuk merealisasikannya. Jika sudah berjalan maka ini sangat membantu Otoritas Pajak. Dengan terekamnya semua data dalam satu kartu, maka akses data ke wajib pajak dapat dilakukan dengan relative mudah. Khususnya data wajib pajak pribadi.

(Edi Suwiknyo / redaksi@bisnis.com)

 

170320,Bisnis Indonesia_China Development Bank Danai Kereta Cepat_KCIC.

  • China Developmen Bank akan mencairkan pinjaman untuk pembiayaan proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Jakarta – Bandung, bila pembebasan lahan telah 100% rampung. PT Wijaya Karya Tbk menargetkan akan menyelesaikan pembebasan lahan pada tahun ini. Saat ini pembebasan lahan sudah mencapai 85%.
  • Proyek Kereta Api Cepat Jakarta –Bandung sepanjang 142 km ini, struktur pembiayaannya adalah 75% dari pinjaman China Development Bank, dan sisanya 25% dari modal PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Dan Wika tergabung dalam konsorsium KCIC
  • PT Wijaya Karya Tbk. tengah meloby China Development Bank untuk mencairkan pinjaman, walau pembebasan lahan baru 85%. Pencairan proporsional sesuai lahan yang sudah dibebaskan (85% lahan) sekitar 25% atau 30% dari total pinjaman. Hal ini tengah dinegosiasikan. Bila terjadi pencairan pinjaman, maka konsorsium akan mendapat dana segar untuk pembangunan lebih lanjut.

(Yanita Petriella / Yodie Hardiyan)

 

170320,Bisnis Indonesia_Pabrik Beroperasi April_Strategi PT Semen Indonesia.

  • Saat ini pasar semen nasional oversupply. Namun pabrik-pabrik semen di Tuban Jawa Timur berproduksi pada kapasitas penuh. Oleh karena itu, PT Semen Indonesia kekurangan kapasitas produksi, maka pengoperasian pabrik di Rembang diharapkan dapat memasok permintaan semen dari Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Banten.
  • Pabrik baru di Rembang tersebut akan berproduksi April 2017 atau lebih lambat 2 bulan dari rencana awal Februari 2017. Pabrik ini berkapasitas 3 juta ton. Pada tahap uji coba pabrik ini akan menggiling bahan baku yang dipasok dari Tuban dengan target produksi 1,7 juta ton.
  • Menurut menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, penembahan kapasitas produksi semen sangat membantu program pemerataan pembangunan dan kesejahteraan. Kepastian investasi pembangunan industry strategis seperti pabrik semen harus dijaga keberlanjutannya, sebab memberi efek berganda, seperti penyerapan tenaga kerja, dan pertumbuhan industry kecil berbasis semen.
  • Saat ini sudah ada 16 industri semen yang terintegrasi yang sudah memiliki fasilitas penggilingan, dan tiga perusahaan yang belum memiliki fasilitas produksi klinker. Kapasitas produksi semen nasional tahun lalu tercatat 95,5 juta ton, dan tahun ini diperkirakan mencapai 102,1 juta ton. Sementara konsumsi nasional tahun lalu tercatat sebesar 62 juta ton dengan volume ekspor sekitar 1,5 juta ton.

(Demis Rizky Gosta / demis.rizky@bisnis.com)

 

170320,Kompas_Listrik Dukung Perekonomian_Listrik.

  • Presiden Joko Widodo meresmikan delapan pembangkit listrik tenaga gas bergerak dengan total daya 500 mega watt di enam provinsi. Peresmian dilakukan di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Ketersediaan tenaga listrik sangat membantu kemajuan perekonomian suatu daerah.
  • Dengan pembangkit listrik tenaga gas bergerak ini, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan listrik di daerah –daerah terpencil yang selama ini defisit pasokan listrik. Hal ini sangat membantu masyarakat dan investor yang membutuhkan tenaga listrik dalam waktu singkat, sambil menunggu pembangunan pembangkit yang lebih besar, namun membutuhkan waktu pembangunan sekitar lima tahun.
  • Pembangkit listrik tenaga gas bergerak dipilih karena efisien, dan dapt dindahkan ke daerah lain yang membutuhkan ketika pembangkit yang lebih besar telah selesai dibangun. Ini menjadi strategi pemenrintah dalam pembangunan 35.000 MW pembangkit listrik nasional.

(HAM/NAD)

LEAVE A REPLY